KPU Provinsi Gorontalo Buka Sekolah Literasi Pemberitaan Penyelenggaraan Pemilu

READ.ID – KPU Provinsi Gorontalo melaksanakan sekolah literasi pemberitaan penyelenggaraan pemilu kolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo.

Kegiatan tersebut melibatkan perwakilan dari mahasiswa, anggota KPU, pegiat pemilu serta dihadiri pemateri Ketua AMSI Gorontalo Verrianto Madjowa, dan senior Editor KLY, Nurfahmi Budiarto.

“Kegiatan hari ini adalah hasil diskusi awal yang diberikan AMSI Gorontalo terhadap peran media dalam penguatan kepemiluan,” ujar Ketua KPU, Fadliyanto Koem.

Selama ini, kata Fadliyanto, KPU cenderung bekerja sama dengan media untuk menangkal Hoaks. Sebab tantangan Pemilu saat ini sangat luar biasa yang diharuskan memiliki Skill untuk mengatasi informasi bohong.

“Untuk itu kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan pemahaman literasi bukan hanya saja bagi para jurnalis, tapi penyelenggara Pemilu,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua AMSI Gorontalo Verrianto Madjowa dalam memberikan materi, lebih menekankan penguatan pengetahuan dan keterampilan peserta untuk mengatasi Mis/Disinformasi.

Sementara senior editor KLY Nurfahmi Budiarto membawa materi tentang tools atau alat untuk menelusuri kebenaran informasi atau cek fakta yang disebarkanluaskan melalui media sosial.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60