KRI Bung Tomo-357 Mendapatkan Kunjungan Kehormatan KASAL Pakistan

READ.ID- Disela kegiatan Multinational Exercise AMAN-21 Pakistan, Kepala Staf Angkatan Laut Pakistan Laksamana Amjad Khan Niazi beserta rombongan mengunjungi delegasi TNI AL KRI Bung Tomo-357 yang tengah sandar di Dermaga Karachi, Pakistan, Sabtu (13/2/2021).

Kedatangan Kasal Pakistan tersebut disambut oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Multinational Exercise AMAN-21, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. didampingi Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi dan Athan RI untuk Pakistan Kolonel Kav. Dody Mukhtar Taufik.

Setibanya di KRI TOM-357, Kasal Pakistan disambut jajar kehormatan prajurit yang tergabung dalam Satgas Multinational Exercise AMAN-21, selanjutnya menerima penjelasan profil singkat dari Komandan KRI Bung Tomo-357 di anjungan kapal.

Kasal Pakistan mengucapkan terima kasih atas partisipasi Indonesia, dengan hadirnya unsur TNI AL telah menugaskan KRI TOM-357 guna mengikuti Multinational Exercise AMAN-21. Pada kesempatan tersebut, Dansatgas, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. mengungkapkan terima kasih kepada Kasal Pakistan beserta rombongan yang telah menyempatkan waktu mengunjungi KRI TOM-357 disela-sela latihan bersama yang diikuti 47 negara ini.

“KRI Bung Tomo-357 menjadi delegasi Indonesia pada Multinational Exercise AMAN-21. Pada tahun ini, TNI AL menugaskan 100 personel termasuk 9 Orang Kadet AAL onboard KRI TOM 357 untuk mengikuti latihan bersama ini” Jelasnya.

“Mengikuti agenda latihan bersama antar negara yang digelar Angkatan Laut Pakistan setiap dua tahun sekali ini merupakan salah satu kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional” Pungkas Dansatgas.

Acara yang diakhiri dengan saling menukar cinderamata antara Kasal Pakistan dengan Dansatgas serta Komandan KRI di Long Room Perwira. Kasal Pakistan dikejutkan dengan sambutan seluruh ABK yang menyuguhi Yel-Yel pembangkit semangat Satgas TNI AL pada Multinational Exercise AMAN-21, ABK KRI TOM-357.

Sebelum meninggalkan KRI TOM-357, Kasal Pakistan beserta rombongan menyempatkan untuk mengabadikan kunjungan mereka dengan berfoto bersama di geladak helly. Sambutan yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 guna menjaga serta mencegah penularan Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan yang diberlakukan panitia pelaksanaan Multinational Exercise AMAN-21.

Diketahui sebelumnya, KRI TOM-357 yang merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class jajaran Satkor Koarmada I dilepas di Jakarta International Container Terminal II (JICT) pada Jumat (29/01) untuk mengikuti Multinational Exercise AMAN-21 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan hingga tanggal 16 Februari mendatang.

Sumber : situs resmi TNI AL

Share