Kunjungi Korban Banjir, Bupati Saipul Mbuinga Harap Warga Sabar Hadapi Ujian

Korban Banjir Pohuwato

READ.ID – Mengunjungi korban banjir bandang pada sejumlah Desa di wilayah barat Kabupaten Pohuwato, Bupati Saipul Mbuinga meminta kepada warganya untuk tetap bersabar.

pahlawan

Diketahui Bupati Pohuwato itu setelah menerima informasi adanya banjir pada lima desa yang tersebar di dua Kecamatan pada selasa malam, dirinya segera menuju lokasi banjir tersebut pada pukul 22.00.

Keesokan paginya, didampingi Assisten Kesra, Hamka Nento dan Kadis Sosial, Ahmad Djuuna, Bupati Saipul mbuinga, menuju Desa Bukit Tingki serta di Desa Tunas harapan, Rabu (19/05/2021).

Terinformasi, bahwa beberapa waraga di Desa Tunas Harapan, mulai mengungsi dikarenakan khawatir dengan bronjong yang bisa saja ambruk yang mengakibatkan meraka menjadi sasaran banjir.

Selanjutnya, setelah mengunjungi dua desa tersebut, Bupati Saipul Mbuinga menuju Pasar Popayato dimana di tempat tersebut, puluhan rumah masih menyisahkan lumpur yang dibawa oleh banjir pada selasa malam.

Nampak juga, sebagian masyarakat yang menjadi korban mengungsi di pasar dengan membawa barang berharga yang diselamatkan dari banjir di Pohuwato itu.

“Kepada warga yang terdampak banjir untuk tetap sabar ini adalah musibah, olehnya mari kita berdoa semoga banjir tidak terjadi lagi,” ungkap Bupati Saipul Mbuinga.

Sementra itu, Ida Datau salah satu warga yang berada di Pasar Popayato mengungkapkan bahwa kejadian jam 10 malam tersebut memaksa sejumlah warga harus mengungsi dan mengangkat barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Ida mengungkapkan meski air surut sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, dirinya tetap tidak bisa tidur karena takut adanya banjir susulan. Apalagi juga tempat tidur masih menyisahkan lumpur yang harus dibersihkan dulu.

“Kondisi saat ini mengingatikan kejadian di 2013 silam, dimana kejadian delapan tahun lalu itu lebih parah dari saat ini. Alhamdulillah ini tidak terjadi pada bulan puasa seperti di 2013 yang lalu,” tuturnya.

(JK/Read)