Kurang Maksimal, Merlan Uloli Tegur ASN Dinas Lingkungan Hidup

Dinas Lingkungan Hidup

READ.ID – Para pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tak turun langsung kelapangan lakukan pemantauan atas kinerja petugas kebersihan, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli tegur sejumlah pegawai DLH.

Merlan Uloli mengaku sering temui di lapangan hanya para petugas Honorer, sementara pegawai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dianggapnya tak nampak dan dipertanyakan keberadaannya.

“Pegawai yang Dinas Lingkungan Hidup itu tidak ada yang di dalam kantor, tugas mereka itu diluar, kalau di sini saya lihat terbalik, pegawainya semua ada di dalam ruangan, Ini tidak boleh begini. Yang punya bidang khusus kebersihan lingkungan ini harus turun,” tegasnya saat melakukan pertemuan dengan para petugas kebersihan. Rabu (5/1/2022)

Sementara itu, Merlan Uloli berharap Kepada para petugas kebersihan menggunakan mobil truk pengangkut sampah maupun petugas menyapu, agar bisa kompak dalam hal menangani kebersihan yang ada di Bone Bolango.

Dikarenakan menurutnya antar petugas menyapu dan petugas di mobil trek pengangkut sampah belum bersinergi dengan baik.

“Selama ini yang saya lihat di lapangan, baik ibu-ibu yang menyapu, ataupun di RTH, juga pengangkut sampah di mobil trek. Ini belum kompak,” ucapnya

Merlan menjelaskan bahwa, biasanya petugas menyapu hanya sampai pada menumpukan sampah, dan lalu menunggu sampah itu diangkut oleh petugas pengangkut di mobil trek.

Namun terlihat dilapangan mobil trek pengangkut sampah tersebut tidak mengangkut tumpukan sampah yang kecil dan hanya mengangkut tumpukan sampah yang besar.

“Bahkan kadang-kadang sampai di tempat sampah itu, sampai berhari-hari tidak diangkat. Nah ini yang harus kita perbaiki,” jelasnya

Menurutnya lengkapnya personil kebersihan dari mulai bertugas menyapu dan mengangkut sampah, seharusnya dapat membuat Bone Bolango semakin bersih, tapi saat terlihat dilapangan lingkungan masih tidak bersih.

Sehingga perlu untuk penataan dan pengaturan kembali kinerja para petugas kebersihan.

“Kita akan mengatur ini, setelah penyapu menumpukan sampah ke tempatnya, kemudian siapa yang akan bertugas untuk mengangkut,” tutupnya