La Ode Haimuddin: Kampung Tangguh Butuh Sinergi Bersama Pihak Terkait

La Ode Haimuddin

READ.ID – Sekretaris komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, La Ode Haimuddin meminta agar desa yang telah ditetapkan menjadi Kampung Tangguh, untuk melakukan sinergitas bersama pihak terkait. Tujuannya untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19.

Hal ini diutarakan La Ode saat melakukan kunjungan kerja di Desa Tenggela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, Minggu (2/5/2021).

Maksud dari kunjungan kerja ini, kata dia, untuk melihat bagaimana mekanisme penentuan pemilihan kampung tangguh sendiri.

“Ternyata, penentuan tersebut didasarkan pada desa yang sebaran kasus Covid-19 lebih tinggi,” tutur La Ode Haimuddin.

Selain dilihat dari penyebaran kasus Covid-19, tetapi juga didasarkan pada aspek ekonomi, bencana, dan aspek lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kampung tangguh ini, akan tercipta sinergitas antara masyarakat, puskesmas,  aparat desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas,” tambahnya.

Menurutnya, apabila semua pihak terkait memiliki satu visi, maka semua masalah dapat diselesaikan.

Ia menambahkan, menyangkut sumber dana dalam program kampung tangguh di desa Tenggela, masih murni dari pihal desa sendiri, dan belum ada intervensi dari pemerintahan yang diatas.

Politisi PDIP ini berharap agar dari pihak pemerintah kabupaten untuk melakukan inovasi. Terutama dalam mengevaluasi desa-desa yang telah ditetapkan kampung tangguh. Mulai dari progres kedepan, serta respon masyarakat yang sangat dibutuhkan, tutupnya.

(Rinto/Read)