Laksanakan Rapat Evaluasi Indeks Partisipasi Pemilu, Ini Harapan KPU Provinsi Gorontalo

Rapat Evaluasi Indeks Partisipasi Pemilu

READ.ID – KPU Provinsi Gorontalo melaksanakan Rapat Evaluasi Indeks Partisipasi Pemilu, di Hotel UTC Damhill Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Sabtu (15/6/2024).

Diketahui, rapat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu, dengan menghadirkan dua pemateri utama. Masing-masing yakni M. Adnan Maghribbi (peneliti dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi), yang memberikan paparan mengenai hasil penelitian terkait partisipasi pemilih di berbagai daerah.


banner 468x60

Kemudian, pemateri kedua adalah Denny Siallagan Saputra (Tenaga Ahli Setjen KPU RI) yang memberikan wawasan tentang strategi peningkatan partisipasi pemilih berdasarkan pengalaman dan kebijakan nasional.

Dalam sambutannya, Opan Hamsah menekankan pentingnya evaluasi ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di masa mendatang.

“Tentunya, evaluasi ini adalah langkah penting untuk memahami kendala dan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi pemilih, dengan data dan analisis yang tepat, kita dapat merumuskan strategi yang lebih efektif,” jelas Opan Hamzah.

Sementara itu, Risan Pakaya mengapresiasi kehadiran dan partisipasi aktif dari seluruh peserta rapat, juga partisipasi aktif dari rekan-rekan di KPU Kabupaten/Kota sangat berarti untuk keberhasilan evaluasi ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Provinsi Gorontalo,” ungkap Risan Pakaya.

Selain itu, rapat evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan menjadi acuan bagi KPU Provinsi Gorontalo dalam menyusun program kerja selanjutnya, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang.

banner 468x60

Peserta rapat ini terdiri dari Anggota KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Juga diikuti oleh Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, serta Admin/Operator Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (SIPARMAS).

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90