Legislator Minta Pertamina Audit Keselamatan Seluruh Kilang Minyak

kilang Pertamina

READ.ID – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak PT Pertamina (Persero) mengaudit keselamatan seluruh kilangnya di Indonesia. Hal itu diungkapkannya menyusul terbakarnya kilang Pertamina di Dumai, Riau, pada Sabtu (1/4) malam.

“Belum sebulan Depo Plumpang terbakar, sekarang ledakan terjadi lagi di Kilang Dumai. Ini berarti ada masalah sistemik dalam operasional Pertamina yang harus dibenahi segera. Kejadian ledakan dan kebakaran ini terus berulang di berbagai tempat. Oleh karenanya Pertamina harus lakukan audit investigasi dan audit keselamatan secepatnya. Bukan hanya pada Plumpang atau Dumai, tapi seluruh kilang dan depo Pertamina seluruh Indonesia,” ungkap Eddy dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023)


banner 468x60

Menurut Politisi dari Fraksi PAN ini, sekalipun kebakaran sudah padam dalam beberapa jam selang ledakan, tetapi itu tidak bisa menjadi dalih Pertamina. Pasalnya, ia menilai pangkal atau penyebabnya kebakarannyalah yang harus segera diketahui.

“Pemadaman cepat penting, tapi pertanyaannya adalah kenapa sampai terjadi ledakan? Siapa yang lalai atau sistem apa yang tidak bekerja hingga meledak? Ini harus ditemukan segera penyebabnya agar tidak terjadi pada kilang dan depo Pertamina lain,” tambahnya.

Selain itu, Ia juga minta Pertamina bertanggung jawab atas korban luka yang dibawa ke rumah sakit. Pun demikian dengan rumah warga atau fasilitas umum yang terdampak ledakan kilang Depo tersebut.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90