Lukum Diko Sebut RS ZUS Jangan Lagi Jadi Tempat Transit

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Lukum Diko menegaskan kepada pihak Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki (ZUS) agar tidak lagi menambah deretan pelayanan kesehatan yang buruk bagi daerah tersebut.

Kata Lukum, dirinya tidak ingin terangkat lagi isu yang mana Rumah Sakit ZUS adalah puskesmas terbesar di Provinsi Gorontalo.

“Ini sudah jadi keluhan masyarakat kepada saya, bahwa Rs Zus puskesmas terbesar di Gorontalo, yang diibaratkan ini seperti bandara di Makkasar hanya untuk transit,” tegas Lukum.

Lukum menyampaikan, hal itu disebabkan ambulans dari berbagai Kecamatan di wilayah tersebut hanya menjadi tempat transit pasien untuk menuju rumah sakit yang ada di daerah lain.

“Seperti video yang beredar kemaren, ada seorang warga mengamuk di salah satu Puskesmas hanya meminta agar anaknya di infus saja, karena dalam posisi sekarat, akan tetapi dari petugas tidak mau,” terangnya.

Lanjut Lukum menjelaskan saat itu dari pihak puskesmas meminta kepada keluarga agar pasien dirujuk saja ke RS ZUS hingga akhirnya pasien tersebut meninggal keesokan harinya.

“Sehingga ini memperlihatkan pelayanan kesehatan yang buruk dan ini jangan sampai terulang lagi. Artinya sistem pelayanan mau di rujuk tidaknya seorang pasien harusnya melalui pemeriksaan terlebih dulu,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90