Lurah Leato Selatan: Ada Dua Rumah yang Diterjang Longsor

Longsor Leato Selatan

READ.ID – Lurah Leato Selatan, Amiludin Yahya mengatakan ada dua rumah warga yang diterjang longsor pada Kamis (25/2/2021) petang.

Amiludin menjelaskan, satu rumah milik Vivin Sahrain (33 tahun) mengalami rusak berat, sedangkan satu rumah lainnya milik Usman Jafar (57) mengalami rusak ringan.

Longsor Leato Selatan

Kondisi rumah milik vivin di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo yang rusak parah setelah diterjang longor.

“Satu rumah yang rusak berat ini sebagian bangunan rumah dihantam longsor. Sementara rumah satunya hanya rusak di bagian dapur,” ungkap Amiludin.

Longsor Leato Selatan

Rumah milik Usman Jafar yang roboh saat bencana longsor di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Kamis (25/2/2021).

Selain dua rumah rusak, kata Amiludin, longsor juga menyebabkan satu korban bernama Imran Sahrain (28) mengalami luka di bagian leher dan kepala.

peristiwa longsor terjadi saat Magrib. Saat itu material longsor dari perbukitan menerjang salah satu rumah warga milik Pipin Sahrain. Rumah korban kebetulan berada di bawah jalan yang menikung ke atas tersebut.

“Di dalam rumah itu ada tiga orang, salah satunya korban. Saat itu mereka tengah asyik bermain Handpone, dan dikejutkan ada hantaman longsor dari atas,” ungkap Amiludin.

Sewaktu longsor akan menerjang rumah warga, kata Amiludin, dua orang berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan yang satu orang lainnya tertinggal dan langsung tertimbun longsor.

Kata Lurah Leato Selatan, beruntung tidak ada pengendara saat peristiwa yang melewati jalan setempat.

“Biasanya jalan ini ramai dengan kenderaan, tapi saat kejadian, tidak ada ada satupun pengendara yang lewat,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan penyebab longsor belum diketahui karena longsor tiba-tiba terjadi.

“Memang di sini rawan longsor kalau hujan deras, tapi kejadian tadi tidak ada hujan,” imbuhnya.

Dari pantauan Read.id di lokasi, material longsor menutupi badan jalan yang terletak tidak jauh dari Mako Lanal Gorontalo tersebut.

Petugas dari BPBD, Basarnas dibantu Polisi dan TNI saat ini masih membersihkan material longsor.

(Wahyono/RL/Read)