Marten Taha : Pentingnya Peran Perempuan dalam Memajukan Bangsa

Peran Perempuan dalam Bangsa

READ.ID – Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengungkapkan, peran perempuan dalam kemajuan bangsa dilihat dari keaktifan dilingkungan masyarakat, serta memiliki kontrol atas berbagai keputusan yang menyangkut dirinya dan menerima manfaat dari pembangunan.

Hal ini dikatakan Wali Kota, saat membuka seminar “Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia dan sehat di Masa Pandemi”, Kamis (6/10/2021) di Manado.

Marten Taha menyebutkan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah perempuan Indonesia sebanyak 49,80 persen dari jumlah penduduk.

Bagi Wali Kota sendiri, dengan melihat jumlah tersebut, menunjukkan bahwa peran perempuan, sangat potensial dalam memajukan pembangunan bangsa.

Menurut Wali Kota, jika perempuan memiliki kecerdasan dan berdaya, sehingga akan menanamkan nilai-nilai kebaikan, kepada anak sejak dini.

“Tentunya, hal ini menjadi kunci untuk melahirkan generasi yang berkualitas, serta menjunjung tinggi etika dan moral,” ungkap Wali Kota.

Marten Taha pun menambahkan, peran perempuan dalam aspek ekonomi, juga sangatlah besar. Namun, terbatasnya akses perempuan menjadi hambatan utama.

“Nah, tantangan lain dalam aspek ekonomi, diantaranya pendidikan, akses pembiayaan, dan pelatihan”, sebut Wali Kota.

Terakhir, Marten Taha mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan, masing-masing organisasi perempuan, dalam menciptakan akses dan memberi peluang, serta berpikir kreatif dan inovasi.

“Juga, terus memanfaatkan teknologi informasi dalam mengembangkan usahanya,” jelas Marten Taha.

Dirinya berharap, agar seminar perempuan ini, dapat membantu perempuan membangun pikiran positif, mengenal diri sendiri, dan memberikan gambaran untuk merumuskan impian. (Rinto/Read)