Masyarakat Gorontalo Temukan Ramuan Penangkal Corona

Gorontalo Ramuan Penangkal Corona
Masyarakat kelurahan Biyonga, kecamatan Limboto, kabupaten Gorontalo temukan ramuan penangkal covid-19 atau virus corona.

READ.ID – Masyarakat kelurahan Biyonga, kecamatan Limboto, kabupaten Gorontalo temukan ramuan penangkal covid-19 atau virus corona.

Ramuan diracik oleh warga setempat dari tumbuh-tumbuhan seperti jahe, kencur, lempuyang, temulawak dan kayu manis. Mereka meyakini ramuan yang dikemas dalam jus tersebut dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Lurah Biyonga Idris Nasaru menjelaskan, saat ini masyarakat bersama aparatnya melakukan uji coba pada ramuan yang dinamakan Jus Jamu Covid-19 (JJC 19) tersebut.

“Alasannya kita memberikan nama Jus Jamu Covid-19 karena memang saat ini kita dihadapkan dengan bencana virus corona atau covid-19. Kita identikkan dengan nama itu dan ramuan obat ini dipercaya untuk meningkatkan stamina serta imun tubuh,” kata Idris, Rabu (15/4).

Idris mengungkapkan, obat ramuan pertama kali diperkenalkan oleh salah satu masyarakat Biyonga yang bernama Sutarjo Abdul. Jamu ini diharapkan dapat menangkal penyakit di tengah pandemi Covid-19.

“Beliau Sutarjo adalah masyarakat kami yang juga membidangi ilmu pertanian. Sehingga lewat gerakan solidaritas melawan covid-19, ramuan ini sudah mulai tahap pengujian,” tuturnya.

Ramuan ini kata Idris akan menjalani proses tahap pengujian di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan kelayakan konsumsinya. Namun, masyarakat Biyonga meyakini, ramuan tersebut tidak menimbulkan efek samping karena bahan-bahannya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang alami.

“Kami yakin ini ramuan seperti ini aman dikonsumsi. Orang-orang terdahulu Gorontalo juga pernah mengggunakannya sebagai penambah stamina untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebelum kami membuat banyak, ramuan ini akan di uji di BPOM,” pungkasnya. (RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version