Mayjen TNI Alfred Tinjau Proges Pembangunan Secaba di Tabongo

Pembangunan Secaba

READ.ID – Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau progres pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (13/1/2022).

Peninjauan diawali dengan paparan dari Kasi Logistik Korem 133/Nani Wartabone Kolonel Cpl Adolf Simanjuntak.

Secaba saat ini sudah memiliki gedung utama markas komando, satu gedung kelas dan satu barak siswa.

“Untuk tahun ini kami laporkan, kelanjutan pembangunan direncanakan untuk rumah jaga, pos jaga, prasarana jalan, dapur dan rumah makan, mess perwira dan gudang amunisi,” beber Adolf Simanjuntak.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Alfred menyarankan agar fokus pembangunan pada infrastruktur utama. Dapur dan rumah makan misalnya, dinilai belum terlalu penting dibandingkan ruang kelas atau barak siswa.

“Benar usul Pak Gubernur tadi, untuk dapur kan kita bisa catering. Pesan ke warga sekitar untuk pemberdayaan. Makanannya juga sesuai selera orang Gorontalo,” kata Mayjen Alfred.

Di tempat yang sama, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie optimis pembangunan Secaba bisa selesai dua tiga tahun ke depan. Seperti halnya pembangunan SPN Polda Gorontalo yang dikerjakan gotong royong bersama bupati wali kota dan unsur swasta.

“SPN Polda selesai tiga tahun Pak Panglima. Setahu saya pemerintah kabupaten/kota juga menganggarkan untuk pembangunan fisik Secaba,” tutur Rusli Habibie.

Pemprov Gorontalo tahun 2022 ini menghibahkan uang senilai Rp8 miliar. Rinciannya Rp3 miliar untuk pembebasan lahan, pembangunan fisik Rp2 miliar dan sisanya untuk program Karya Bhakti TNI.

Usai meninjau pembangunan Secaba, Gubernur Rusli dan Panglima bertolak ke Desa Totopo, Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo. Di desa itu menjadi lokus program Karya Bhakti TNI berupa pembangunan jalan usaha tani sepanjang belasan kilometer.