Menjadi Kota Sebagai Pusat Perdagangan dan Jasa di Kawasan Teluk Tomini Jadi Salah Satu Misi RPJMD Kota Gorontalo

RPJMD Kota Gorontalo

READ.ID – Ada beberapa pesan penting yang disampaikan Wali Kota Marten Taha, pada kegiatan rapat Evaluasi dan Persiapan Program Kegiatan tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Gorontalo, Jumat (6/1/2023).

Beberapa pesan tersebut yakni menyangkut visi misi Pemerintah Kota Gorontalo, yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2023-2024.

Untuk visi sendiri, kata Wali Kota, yaitu tetap dengan mengusung Kota SMART (sejahtera, maju, aktif, religius, terdidik).

Sementara itu, terdapat 6 misi yang akan menjadi tujuan, diantaranya pertama mewujudkan kesetaraan bagi masyarakat untuk memperoleh akses layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan publik yang terjangkau dan berkualitas.

Kedua, meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang handal disemua sektor publik. Ketiga, penguatan kapasitas UMKM, Koperasi, dan pengembangan sektor ekonomi lainnya.

Keempat, reformasi birokrasi. Kelima, mengembangkan kualitas hidup masyarakat religius dan berbudaya.

“Dan yang keenam penguatan daya saing kota sebagai pusat perdagangan dan jasa di kawasan Teluk Tomini”, ungkap Wali Kota.

Tidak hanya itu, Wali Kota Marten Taha juga menyebut, bahwa terdapat beberapa capaian dan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah Kota Gorontalo saat ini.

Bagi Wali Kota, prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas seluruh perangkat daerah, yang di dukungan dari berbagai stakeholder. Untuk itu, maka tahun 2023 merupakan tahun keempat RPJMD Kota Gorontalo 2019-2024.

Terlebih lagi, kata Wali Kota, terdapat beberapa indikator yang telah ditetapkan, berhasil dicapai bahkan melampaui target di tahun 2021 dan 2022.

Lebih lanjut, Wali Kota menyatakan bahwa Bapppeda memiliki peran yang sangat strategis untuk mengawal dan memastikan semua proses pembangunan di Kota Gorontalo berjalan dengan baik dan optimal.

“Mengingat, Bapppeda sendiri harus menjadi Role Model, bersikap profesional serta mampu bertindak dan berpikir out of the box”, tegas Wali Kota.

Menurut Wali Kota, untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan sinergi yang sehat, kokoh dan berkelanjutan untuk dapat mewujudkan Kota Gorontalo yang memiliki indeks daya saing tinggi, dan memiliki peran dalam pembangunan nasional.

“Olehnya, mari kita bersama-sama membangun Indonesia dari daerah, diantaranya dengan mewujudkan masyarakat Kota Gorontalo yang sejahtera, maju, aktif, religius dan terdidik”, pesan Wali Kota.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60