READ.ID – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak pemerintah daerah bersama-sama membangun destinasi digital untuk menjaring wisatawan milenial yang kini semakin mendominasi industri pariwisata.
Hal tersebut disampaikan saat meluncurkan Pasar Wisata Digital Candi Cangkuang di objek wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat Senin (2/9).
“Lebih dari 50 persen traveller yang datang ke Indonesia adalah milenial. Milenial adalah masa depan pariwisata Indonesia,” ujar Arief Yahya dalam siaran pers Kemenpar.
Menurut Arief Yahya, destinasi digital merupakan implementasi kebijakan Kementerian Pariwisata yang serba digital melalui program Tourism 4.0.
“Who wins the future, wins the game,” tegasnya.
Menpar Arief Yahya menjelaskan, saat ini terjadi perubahan perilaku wisatawan yang semakin digital di mana lebih dari 70 persen dari mereka melakukan ‘search and share’ melalui platform digital.
“Pasar wisatawan milenial besar dan terus tumbuh serta pengaruhnya luar biasa; big and loud,” jelas Menpar Arief Yahya.
Ia mengajak semua pihak untuk mengantisipasi perubahan perilaku wisatawan tersebut dengan memfasilitasi tersedianya objek pariwisata terbaik bagi kaum milenial.