Merlan Uloli Hadirkan Posko Pelayanan Masyarakat Miskin Terintegrasi

Posko Pelayanan Masyarakat Miskin Terintegrasi

READ.ID – Plt Bupati Bone Bolango Merlan Uloli membuat langkah baru dengan menghadirkan Posko pelayanan Masyarakat Miskin yang terintegrasi.

Hal ini dilakukan Merlan Uloli sebagai bentuk komitmennya untuk penurunan angka kemiskinan dan stunting di Bone Bolango, yang setiap hari menunjukan hasil yang signifikan.

Dalam hal pelayanan masyarakat miskin, Merlan Uloli mengumpulkan Dinas teknis, yang ditempatkan didalam satu posko dokumen yang menjadi kebutuhan masyarakat, bisa diperoleh disatu tempat.

“Posko ini secara resmi mulai beroperasi per hari ini Selasa 2 Januari 2024,” kata Merlan Uloli.

Ini juga menjadi semangat baru bagi Daerah, dimana Kabupaten Bone Bolango tahun ini berusia sudah 21 tahun, sekaligus kinerja awal tahun Pemerintah Kabupaten.

Pada posko tersebut terdapat empat kelompok dengan ragam layanan yang sudah terintegrasi.

Kelompok pertama yakni pendidikan dan kesehatan dengan pelayanan pencegahan dan penanganan anak putus sekolah, rekomendasi penerimaan bantuan iuran jaminan kesehatan nasional, serta pencegahan dan penanganan stunting.

Selanjutnya, kelompok kedua yakni sosial ekonomi dengan pelayanan pelatihan ketenagakerjaan, konsultasi usaha ekonomi produktif, serta kebun, kolam dan kandang (KAKANDA). Kelompok ketiga yakni infrastruktur dasar dengan pelayanan rumah layak huni, air bersih serta sanitasi.

Kelompok terakhir yaitu data dan pelaporan dengan pelayanan pemadanan data kependudukan, pembaharuan database kemiskinan, surat keterangan data terpadu kesejahteraan sosial, serta pengaduan masyarakat.

“Ini sebagai komitmen saya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Merlan yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Bone Bolango.

Dirinya menilai hal ini penting dilakukan untuk menjawab kerisauan dalam menjalankan program dan data masyarakat miskin yang sudah mendapatkan bantuan dan layanan.

“Saya berharap ini bukan hanya seremoni, semakin hari harus semakin luas pelayanannya. Penganggarannya juga harus diperhatikan. KamI pemerintah lahir untuk melayani masyarakat. Ini akan saya kawal terus. Masyarakat harus tahu di MPP sudah ada pelayanan khusus untuk masyarakat miskin,”tegas Merlan.

Sementara itu, Royi Ibrahim salah satu masyarakat yang datang mengurus rekomendasi pengurusan BPJS Kesehatan ditempat tersebut menambahkan pelayanan di posko tersebut sangat baik.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90