Merlan Uloli ingin kembangkan dua Inovasi di Disdukcapil Bone Bolango

Disdukcapil Bone Bolango

READ.ID – Wakil Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan Uloli ingin mengembangkan dua inovasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango.

pahlawan

Dalam kunjungan kerjanya di Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango, Senin (25/10/2021), Wabup Merlan Uloli mengakui sangat mendukung program digitalisasi daerah khususnya berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Dua inovasi itu, yakni Aplikasi Data Orang Bone Bolango berdasarkan marga dan program Isbat Nikah untuk masyarakat.

Wabup Merlan menegaskan dua inovasi ini harus ada progres kedepan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Inovasi ini mudah dan tidak butuh biaya hanya kerja sama, sehingga akan nampak data dan akan lahir kebijakan yang berpihak kepada masyarakat,”tegas Merlan Uloli.

Ia pun berharap di tahun 2022 mendatang harus ada program strategis di Disdukcapil Pemkab Bone Bolango untuk kepentingan masyarakat, sehingga bisa memberikan pelayanan yang takjub.

“Jika ada kendala terkait inovasi ini, kita komunikasikan secara bersama, tetapi ini harus segera dibuat dan dijalankan,”harap Wabup Merlan.

Wabup Merlan S. Uloli sendiri merupakan mantan Kadis Dukcapil Kota Jayapura, Papua yang telah banyak menciptakan dan berhasil mencetuskan sejumlah inovasi di bidang pelayanan publik, di lingkup Dispendukcapil Kota Jayapura.

Sejumlah inovasi yang berhasil dicetusnya, di antaranya Inovasi Nikah Rame-Rame, Kampung Tertib Dukcapil, Daku Papua, Operasi KaTePel, ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri), Nikah Capil Kilat, Buku Tamu pimpinan berbasis KTP elektronik, Dukcapil tok tok Pos, Tekan HP Akta Jadi, inovasi E-Waniambey (Selamat datang di kota Jayapura), dan Paket Layanan Kependudukan.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango, Oktavianus Rahman menyanggupi permintaan Wabup Merlan. Ia bersama jajarannya menyatakan siap melaksanakan dua program inovasi tersebut. (Redaksi)