Merlan Uloli: Peran Guru Tidak Bisa Tergantikan Oleh Teknologi

Peran Guru Tidak Bisa Tergantikan Oleh Teknologi

banner 468x60

READ.ID – Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengatakan peran guru di sebagai tenaga pengajar dan pendidik tidak bisa digantikan oleh kehadiri tekonologi.

“Guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan sumber daya manusia, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya,” tegas Merlan.

banner 468x60

Merlan S. Uloli mengungkapkan meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, kehadiran seorang guru tidak serta-merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu.

“Suri teladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa. Dalam bahasa kekinian, membentuk Profil Pelajar Pancasila,” jelasnya.

Penekanan ini disampaikan Merlan Uloli, pada Lokakarya 7 “Panen Hasil Belajar” Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Provinsi Gorontalo tahun 2023 di Kabupaten Bone Bolango, di Gedung PGRI Bone Bolango.

bapak dan ibu sebagai calon guru penggerak adalah bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang merupakan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar.

”Saudara dipersiapkan sebagai guru-guru terbaik untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders),”ujar Merlan.

Olehnya itu, ia berharap, para Calon Guru Penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, memiliki harapan besar agar anda semua lulus dalam program ini. Selanjutnya, semua dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Bone Bolango sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, di mana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utamanya.

Pada kesempatan itu, Bupati mendorong semua calon Guru Penggerak untuk dapat menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah. Dapat menjadi agen perubahan bagi rekan guru yang lain dalam proses pembelajaran di sekolah.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60