Merlan Uloli Perempuan Pertama Menjabat Bupati di Gorontalo

Merlan Uloli Resmi Menjabat Bupati Bone Bolango

banner 468x60

READ.ID – Merlan Uloli resmi dilantik menjadi Bupati Bone Bolango definitif, sejak tanggal 15 Januari 2024. Merlan Uloli menjadi perempuan pertama menjabat kepala daerah di Gorontalo.

Dilantiknya Merlan Uloli sebagai Bupati Bone Bolango, mematahkan isu yang berkembang dimasyarakat bahwa seorang perempuan tidak bisa menjadi pemimpin di suatu daerah.

banner 468x60

Banyak harapan dan doa dari masyarakat atas kepemimpinan Merlan Uloli di Bone Bolango.

“Harapan saya semoga Bone Bolango semakin maju dan berkembang ditangan ibu Merlan,” kata Irma salah seorang Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Hal yang sama diungkapkan oleh Difa, mahasiswa Fakultas Teknik semester 2 itu mengatakan tidak ada halangan untuk perempuan menjadi seorang pemimpin asalkan dia memiliki kemauan dan jiwa kepemimpinan.

“Saya berharap dan berdoa agar ibu Merlan bisa mengayomi masyarakat menjadi lebih baik lagi dan masyarakat bisa mengikuti arahan dari ibu merlan. Semangat ibu, perempuan bisa olo,”ungkap Difa.

Ditengah masyarakat, Merlan dianggap berhasil melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan melek teknologi serta berkinerja tinggi.

Ia juga banyak memiliki terobosan dan inovasi, salah satunya posko pelayanan dokumen yang dikhususkan untuk masyarakat miskin.

“Harapan untuk ibu Merlan sebagai bupati agar bisa melanjutkan kepemimpinan dari pemimpin sebelumnya, yang sudah bagus dilanjutkan dan tidak usah dirubah lagi, kalau ada kekurangan mungkin bisa dikoreksi terutama dalam segi pelayanan kepada masyarakat,” kata Ifan.

Apalagi banyak inovasi yang dilahirkan Merlan Uloli, seperti yang ada di MPP Bone Bolango, yaitu posko pelayanan dokumen untuk masyarakat miskin yang sangat bagus. Ini mungkin bisa disosialisasikan lagi karena mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Merlan sendiri bukanlah orang baru di Bone Bolango. Masa kecilnya banyak dihabiskan di Kelurahan Tumbihe, Kabila sebelum akhirnya harus merantau ke Papua untuk mengenyam studi disana.

Ibu dari dua orang anak itu menamatkan studinya hingga Strata 3 di Universitas Cendrawasih Papua. Merantau juga yang menjadikan dirinya dikenal sebagai pemimpin yang tegas.

32 tahun mengabdikan dirinya di tanah rantau Papua, Merlan kembali ke Bone Bolango dengan niat mewakafkan dirinya dalam membangun daerah yang sejahtera dan smart.

Dirinya pun memberanikan diri untuk melamar menjadi Calon Wakil Bupati mendampingi Bupati Hamim Pou pada Pilkada 2020 kala itu.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60