Meski Masuk Zona Hijau, Wali Kota Blitar Minta Warga Tetap Jaga Prokes

Zona Hijau Kota Blitar

READ.ID – Wali Kota Blitar Santoso meminta warga tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, walaupun saat ini di daerah setempat sudah memasuki zona hijau.

“Kepada ketua-ketua posko PPKM di setiap RW tetap terus melakukan prokes, apalagi sebentar lagi bulan ramadhan, yang mana tradisi mudik pasti tetap terjadi, meskipun ada larangan dari pemerintah,” tegas Santoso saat memberikan penghargaan kepada 7 posko Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Tingkat RW se Kecamatan Sananwetan, Senin (12/4/2021).

Dalam sambutannya Wali kota Blitar, Santoso, menjelaskan tentang data terkini pasien covid-19 dikota Blitar, yang di isolasi di RS rujukan ada 8 orang, di RS darurat ada 3 orang, yang digedung isolasi 6 orang dan yang meninggal dunia 104 orang.

“Kalau dicermati, untuk kota Blitar penurunannya sangat luar biasa, untuk itu saya pribadi sebagai Walikota mengapresiasi atas peran serta masyarakat dengan keberlangsungan PPKM Mikro, yang selalu membantu pemerintah dengan harapan semoga bisa normal kembali” jelasnya.

Menurutnya di kota Blitar ini ada 651 RT, tetapi sekarang ini 620 RT sudah berada di zona hijau.

” Berarti ini luar biasa, jumlah yang terkena bisa ditekan, jumlah yang sembuh mengalami peningkatan dan jumlah yang meninggal berkurang,” tegasnya

Dengan penghargaan atas kerja keras posko posko RW, di tengah PPKM Skala Mikro yang terus mengalami perpanjangan ini, Santoso, berharap dapat makin memacu semangat mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran covid-19.

“Mudah-mudahan ini menjadi pemacu dan pemicu kita untuk makin solid dan tetap menjaga agar kota Blitar tetap di zona hijau” harapnya.

“Untuk menyikapi pemudik, saya minta untuk ketua posko selalu memantau dan melakukan 3T (testing, tracing, treatment) kepada mereka. Jangan sampai daerah yang sudah bagus kembali menjadi buruk,” tambahnya.

Adapun ke 7 posko PPKM Skala Mikro ini, untuk Juara I diraih RW XI kelurahan Bendogerit, Kemudian Rw OI Kelurahan Rembang, berada di posisi Juara II.

Peringkat III dicapai oleh Rw VI, Kelurahan Sananwetan, sedangkan Harapan I diterima Rw X, Kelurahan Karangtengah. Harapan kedua diraih Rw VI kelurahan Gedog. Harapan ketiga diraih oleh Rw VIII kelurahan Plosokerep.Terakhir juara Harapan Empat adalah Rw VII, Kelurahan Klampok.

(adv/hms/didik)