Nelson Dukung Pembentukan Kabupaten Boliyohuto

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mendukung sepenuhnya lahirnya daerah otonom baru (DOB) untuk pembentukan kabupaten Boliyohuto.

Seperti yang disampaikan Nelson saat menghadiri rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto Cs, dalam rangka pembahasan persiapan pembentukan daerah otonom baru ( DOB) Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo, Jumat (08/11).

“Saya tak hanya memikirkan keberhasilan pemerintah disegala bidang. Namun, bagi saya, bagaimana juga mendukung aspirasi masyarakat dalam rangka lahirnya Daerah Otonimi Baru (DOB) Boliyohuto ini,” kata Nelson.

Nelson menuturkan, wilayah boliyohuto Cs terus berkembang dari sisi Sumber daya manusia (SDM), potensi wilayah, Infrastruktur, serta ekonominya terus mengalami kenaikan dibandingkan dengan ibukota Limboto.

Untuk mendukung menjadi Daerah otonom baru, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membangun rumah sakit secara bertahap di kecamatan Boliyohuto. Pemerintah menargetkan bulan januari tahun 2020 sudah mulai beroperasi.

“Walaupun banyak yang mempersolakan, namun intinya rumah sakit ini secarah bertahap diselesaikan. Tahun ini di anggaran perubahan 4,5 Miliyar dan tahun depan 18 miliyar untuk perluasan demi selesainya bangunan rumah sakit tersebut,” ungkap Nelson.

Infrastruktur lain sebagai pendukung, diantaranya pembangunan terminal, pembangunan pintu gerbang, Damkar ditempatkan disini, termasuk tahun depan pelabuhan bilato sudah akan dibangun. Pelabuhan bilato ditargetkan akan menjadi pelabuhan terbesar di gorontalo di bagian selatan untuk jalur eksport dan import .

Tak hanya infrastruktur, ekonominya juga terus di dorong melalui sektor pertanian, peternakan dan sebagainya. Setelah ekonomi, sumber daya manusia disiapkan dengan baik.

“Guru- guru, tenaga kesehatan bahkan camat-camat sudah diarahkan pada orang-orang Boliyohuto asli termasuk mengidentifikasi OPD, sehingga mereka inilah yang akan menjadi pejabat-pejabat ketika DOB ini lahir,” tuturnya.

“Melihat perkembangan yang ada, Saya berpikir ini harus dimekarkan. Contonya saja jalan desa pangahu, selama Indonesia merdeka, baru sekarang di aspal,” tambah Nelson.

Dalam rangka mempercepat lahirnya DOB Boliyohuto, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membentuk tim pendamping. Yakni ketua tim adalah Asisten Pemerintahan Selmin papeo dan sekertarisnya kepala BKD- DIKLAT Safwan bano.

Diakhir sambutannya, dirinya berharap koordinasi dan komunikasi antara presidium, pendamping dan pemerintah daerah terus ditingkatkan. Demikian pula, untuk terus melakukan kajian-kajian terkait syarat dan administrasi yang akan dipaparkan dipusat sana.

“10 tahun lalu wacana pembentukan DOB boliyohuto, maka secara otomatis sudah banyak perubahan terkait peta wilayah dan sebagainya. Maka ini perlu dikaji kembali, sehingga data dipusat sana juga akan dirubah ketika tim memaparkan kembali hasil kajiannya,” tutup Nelson. (Adv/Wahyono/Read)