Nelson : Satpol PP Harus Punya Terobosan dalam Penegakan Perda

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) daerah setempat harus membuat gagasan dan terobosan baru, dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Nelson saat memberi pembinaan kepada seluruh aparat Satpol PP kabupaten Gorontalo, Kamis (8/8).

Menurutnya, Ide kreatifitas diperlukan dalam menjalankan Perda, seperti ada kolaborasi antara Satpol PP dengan dinas lainnya untuk meningkatkan ketertiban umum. Bahkan perlu, Satpol PP melahirkan gagasan untuk membuat perda baru.

“Satpol PP seharusnya berinisiasi membuat Perda baru dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Contohnya adanya kolaborasi antara Satpol dengan dinas peternakan dalam menerapkan perda hewan lepas. begitu juga dengan dinas pertanian, kesehatan ,dinas Lingkungan Hidup dan lain-lain yang sesuai tupoksi sebagai peningkatan pelayanan dan pembangunan di kabupaten Gorontalo,” Pinta Nelson.

Nelson juga meminta, agar dalam menjalankan perda harus dipahami tugas dan fungsinya baik itu penertiban kepada Aparat Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat setempat.

“Apa yang dibuat Satpol PP merupakan kebutuhan semua. Bukan hanya kebutuhan Bupati, Aparat ASN, Pimpinan OPD. Tapi untuk masyarakat kabupaten Gorontalo dalam menjaga ketertiban umum sehingga kondusifnya wilayah tersebut,” Harapnya.

Untuk itu, Bupati Nelson menginstruksikan kepada Satpol PP harus melakukan pembenahan, sehingga organisasinya bisa ditata dengan baik dan memahami tupoksi masing-masing.

“Inilah tantangan yang dihadapi Satpol PP untuk membantu aparat kepolisian dalam pencegahan penyakit masyarakat, seperti peredaran narkoba, minuman keras, kekerasan pada anak dan perempuan yang butuh proses hukum. Apa yang semua dilakukan Satpol PP dengan cara baik, kami akan perhatikan dalam segi karirnya hingga kesejahteraannya,” Tandas Nelson.

.