Oknum Polisi Dalangi Kericuhan di Posko Perbatasan Gorontalo Bolsel

Kericuhan Gorontalo

READ.ID – Beredarnya video yang viral di media sosial terkait kericuhan di perbatasan Bone Bolango Gorontalo dan Bolaang Mongondow selatan (Bolsel) Sulawesi Utara, menimbulkan beragam spekulasi.

Hal tersebut kemudian dijelaskan oleh Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawant bahwa telah terjadi kesalah pahaman antara petugas pos pengamanan perbatasan dengan pemudik dari Bolmong Selatan yang memaksa masuk menerobos pos pengamanan.

Pada Senin (17/5/2021) malam sekitar pukul 20.15 wita, sekelompok pemudik yang berasal dari Bolsel hendak memasuki Gorontalo dengan melewati Pos Pam Perbatasan Bone.

Mereka mengelabui petugas, tapi oleh pihak pengamanan mencegatnya dan dimintakan syarat dokumen jika melewati pos.

“Saat itu petugas memberikan kebijakan untuk menunggu sampai pukul 00.00 wita atau sampai batas waktu larangan mudik. Namun pada pukul 21.00 wita sejumlah pemudik tersebut memaksa masuk Prov Gorontalo secara diam diam dengan mengelabui petugas,” ujar AKBP Suka.

Atas kejadian tersebut, anggota pos Pam dari Sat Brimobda Gorontalo melakukan pengejaran kepada pemudik.

Saat dikejar petugas, salah seorang bersembunyi di rumah warga di Desa Muara Bone Bolango.

Anggota Sat Brimob mengajaknya untuk kembali ke pos pengaanan perbatasan, namun pihak keluarga menahannya.

Sehingga anggota Brimob langsung kembali ke pos. Tidak lama kemudian keluarga dari masyarakat yang dikejar tersebut mendatangi pos pam perbatasan dan mencari anggota yang melakukan pengejaran kepada masyarakat.

Karena banyak masyarakat yang sudah berkumpul di posko pengamanan, maka masalah ini akan di arahkan ke Polsek Bone Pantai Untuk Didalami.

Namun pada saat Anggota Brimob RS akan memasuki mobil dan menuju ke Polsek Bone Pantai, seorang Oknum Polisi berinisial GL langsung memukul anggota Brimob RS dari belakang dan diikuti kelompok masyarakat yang ikut mengeroyok.

Gorontalo Kericuhan Perbatasan Gorontalo
Oknu Polisi berisial GL (kiri) saat dilakukan Pemeriksaan. Foto humas Polda Gorontalo

Oknum Polisi yang bertugas di Polsek Bone Pantai itu diketahui merupakan kerabat dari salah satu mahasiswa yang menerobos perbatasan.

Oknum Polisi GL juga diduga mendalangi sampai masyarakat berkumpul dan melakukan aksi pemukulan terhadap anggota Brimob yang sedang melaksanakan tugas.

Saat ini persoalaln tersebut sudah ditangani Polres Bone bolango untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

(RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60