Tanggal20/01/2020

Optimisme Para Kades, Saat Ikuti FGD yang Digelar UNG

READ.ID – Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Tata Kelola Desa yang diselengggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo di Ballroom 2 TC Damhil, dihadiri kurang lebih 30 orang kepala desa yang mewakili lima kabupaten se-Provinsi Gorontalo.

Mereka terlihat sangat antusias dan semangat mengikuti rangkaian FGD, yang memang membicarakan hal penting untuk perkembangan dan pengelolaan desa.

“Saya semangat sekali ikut FGD ini. Jadi punya banyak masukan dan tambahan pengetahuan tentang pengembangan desa ke depannya,” ujar Hendrik, Kepala Desa Moodulio, desa yang berada di perbatasan Bone Bolango dan Bolaang Mongondow Selatan, saat diwawancarai usai FGD I, Kamis (12/12/2019).

Saat FGD berlangsung, tiap kepala desa pun berusaha untuk menyampaikan apa yang sudah dilakukan di desa pimpinannya, serta tidak menutup diri untuk menerima tanggapan dan kritikan dari kepala desa lainnya.

“Justru kritikan itu penting biar kita tahu apa yang harus kita perbaiki,” ujar Hendrik

Melihat antusias para kepala desa ini, Rektor UNG, Eduart Wolok pun bersyukur sekaligus berterima kasih. Baginya, antusiasme para kepala desa tersebut menunjukkan keseriusan mereka untuk mengembangkan desanya masing-masing ke depannya.

“Kalau antusias seperti ini, berarti ada keseriusan untuk mengembangkan desa ke depannya. Ini yang kami harapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini,” tukas Eduart. (RL/Read)