Tanggal14/12/2019

PAD Meningkat, Nelson Ingin Kabupaten Gorontalo Jadi Mandiri

PAD Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Adanya peningkatan PAD tersebut, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menginginkan Kabupaten setempat menjadi mandiri.

Nelson menjelaskan, pada tahun 2016 PAD berkisar 90 Milyar rupiah hingga tahun 2019 telah mencapai 200 milyar rupiah. Jumlah PAD ini meningkat lebih dari 100 persen.

“Walaupun telah meningkat, masih banyak PAD yang belum terkelola dengan baik, bahkan banyak sumber PAD baru yang harusnya bisa digarap untuk meningkatkan kas daerah,” imbuhnya.

Menurut Nelson, selama ini pemerintah hanya bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. Padahal jika potensi daerah di kelola dengan maksimal, maka daerah bisa mandiri.

“Kita akan terus dorong. Oleh karena itu ke depan, bagaiman aparat di dinas-dinas harus jeli dalam menangkap peluang yang muncul, terutama dalam menciptakan sumber PAD baru untuk daerah,” pinta Nelson.

Ia berharap, Jika daerah sudah bisa mandiri, maka pembangunan di Kabupaten Gorontalo akan meningkat dan semakin cepat. (Adv/Wahyono/Read)