TanggalApril 13, 2021

Pasangan Santoso – Tjutjuk Resmi Dilantik Sebagai Wali dan Wawali Kota Blitar Terpilih

Santoso Tjutjuk Blitar

READ.ID – Pemerintah kota Blitar bersama forum komunikasi pimpinan daerah (FORKOMPIMDA) mengikuti pelantikan Wali kota dan Wakil Wali Kota Blitar Santoso – Tjutjuk Sunario. Pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa timur digedung Grahadi, Kota Surabaya secara virtual di Balai kota Kusumo Wicitro, Jumat (26/02/2021).

Pelantikan wali kota dan wakil wali kota serta sejumlah kepala daerah lainnya dilakukan secara hybrid atau secara langsung dan hanya diikuti kepala daerah terpilih. Sementara Pemkot Blitar hanya membatasi 50 orang tamu undangan mengikuti pelaksanaan pelantikan secara virtual.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur Khofifah Endar Parawansa mengatakan bahwa hari ini dilaksanakan pelantikan serentak dari tujuh belas kabupaten dan kota. Untuk saat ini adalah tahap kedua dengan enam (6) daerah dan dilanjutkan untuk yang ketiga Lima (5) daerah.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bawaslu dan KPU sampai pelaksana bagian paling bawah, yang bekerja sangat baik, sehingga kekhawatiran timbulnya cluster baru tidak terjadi dan juga kepada TNI POLRI. Saya mengucapkan terima kasih yang sudah mengawal proses pilkada serentak kali ini berjalan dengan kondusif aman dan,” ujarnya.

Lanjutnya, tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada tahun ini meningkat dibanding pilkada tahun 2018, meskipun saat ini dalam situasi pandemi Covid-19.Karena masyarakat berharap, kepala daerah gerak cepat dalam proses percepatan BMD, RKP serta Perda APBD.

“Jika kalau ada daerah yang belum mengeluarkan perbub terkait dana desa, maka saya mohon disegerakan diterbitkan setelah pelantikan,” ucap Khofifah.

Hal Ini sebagai bentuk percepatan pelayanan kesejahteraan masyarakat yang mana didalamnya ada dana desa, BLT dan PPKM mikro berbasis desa. Harapannya kepada kepala daerah, untuk mengawal dan mengawasi karena ini adalah bagian yang sangat penting,” tambahnya.

Ditemui Usai acara pelantikan, Plt Sekda Kota Blitar Hermansyah mengatakan, baru saja kita menyaksikan bersama pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih, Drs. Santoso. Mpd dan Ir. Tjutjuk sunario MM.

“Kita berharap insyallah beliau berdua amanah. Untuk segera melakaanakan program program demi kesejahteraan masyarakat kota Blitar. Tentunya kita melakukan harmonisasi, yang jelas beliau berdua satu kesatuan,” pungkasnya.

(adv/hms/didik)