PBB Setujui Resolusi Untuk Gencatan Senjata di Gaza

Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

banner 468x60

READ.ID – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jumat (27/10), menyerukan gencatan senjata kemanusiaan antara Israel dan Hamas dan menuntut akses bantuan ke Jalur Gaza yang dikepung serta perlindungan warga sipil.

Resolusi yang dirancang oleh negara-negara Arab disetujui dengan 120 suara, sedangkan 45 suara abstain dan 14 negara, termasuk Israel dan Amerika Serikat (AS ) tidak menyetujui.

banner 468x60

Majelis Umum melakukan pemungutan suara setelah Dewan Keamanan mengalami kegagalan sebanyak empat kali dalam dua minggu terakhir untuk mengambil tindakan terhadap Israel. Israel menyebut resolusi PBB itu sebagai “penghinaan.”

Israel menolak seruan untuk gencatan senjata sementara di Gaza pada saat masyarakat internasional resah dengan kondisi 2,3 juta orang yang makin memburuk di tengah gempuran serangan udara terhebat yang pernah dilakukan oleh Israel terhadap kantong permukiman di Laut Tengah itu.

“Israel menentang jeda kemanusiaan atau gencatan senjata pada saat ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, Jumat (27/10).

Sementara itu, seorang pejabat senior Israel mengatakan bahwa seruan untuk menghentikan peperangan tampaknya muncul karena “itikad yang buruk.”

Hamas menyambut baik seruan Majelis Umum PBB untuk gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60