Peduli Lingkungan, Kodim 1304 Gorontalo Tanam Sejuta Pohon

Kodim 1304 Gorontalo

READ.ID – Sebagai bentuk peduli lingkungan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1304 Gorontalo bersama masyarakat tanam sejuta pohon di kawasan lereng gunung Kelurahan Lekobalo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Jumat (27/12).

Penanaman pohon yang dipimpin langsung Dandim 1304 Gorontalo, Letkol Inf Allan Surya Lesmana itu, dalam rangka kegiatan bakti sosial di Peringatan Hari Juang TNI – AD Tahun 2019.

Selain pelestarian lingkungan, kata Letkol Allan, penanaman sejuta pohon itu untuk mencegah terjadinya bencana, dalam upaya penyelamatan lingkungan untuk keseimbangan ekosistem alam. Adapun Jenis tanaman yang ditanam yaitu buah – buahan dan kayu kayuan seperti nangka, mangga, trembesi dan lain-lain.

“Hari ini hingga kedepan, kita akan melaksanakan penanaman pohon sebanyak 1.092.000 Pohon. Lokasi yang akan kita tanam, yaitu seluas 300 hektar di lokasi lahan gundul di seluruh wilayah Kodim 1304/Gorontalo,” jelasnya.

Penanaman sejuta pohon ini mendapat tanggapan positif dari para warga setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada personel Kodim 1304 Gorontalo yang sudah berupaya untuk melestarikan alam. Kami bersyukur adanya keterlibatan TNI untuk membantu masyarakat,” ucap salah satu warga Lekobalo, Sutrisno Ismail.

Sebelumnya, Pada hari Selasa Tanggal 24 Desember 2019 yang lalu, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Arnold A.P. Ritiauw telah menandatangani MOU dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo, mengenai kerjasama dalam Program RHL (Rehabilitasi Hutan Dan Lahan).

Bentuk Kerjasama ini merupakan wujud dukungan TNI AD, dalam rangka Pelestarian Lingkungan serta mencegah terjadinya bencana dan upaya penyelamatan lingkungan di Wilayah Provinsi Gorontalo. (Wahyono/Read)