Pemda Gorut Upayakan Peningkatan PAD lewat Retribusi

READ.ID – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara (Gorut), segera menggali potensi retribusi daerah yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Langkah ini dilakukan, demi mengurangi ketergantungan pemerintah daerah dengan APBN, sehingga perlu untuk menggali potensi untuk dijadikan sumber PAD.

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengatakan, untuk menindaklanjuti hal itu, pihaknya akan melakukan pendekatan persuasif untuk meningkatkan PAD melalui Retribusi pelaku usaha rumah makan.

“Jadi kegiatan yang nanti dilakukan pemerintah daerah tentu memberikan manfaat juga bagi pelaku rumah makan. Sehingga ada timbal balik,” terangnya.

“Dan ini kan bukan rumah makan yang membayar, yang membayar itu adalah yang makan,” sambung Thariq.

Untuk itu, melalui penelitian yang dilakukan atas kerjasama UNG dan Bappeda Kab. Gorontalo Utara diharapkan dapat menjadi sumber referensi dalam menetapkan regulasi sebagai upaya optimalisasi PAD.

“Saya berharap agar laporan akhir hasil penelitian tersebut benar-benar dipahami dan bukan hanya dijadikan sebagai lembar-lembar laporan dari kegiatan itu sendiri,” tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60