Pemdes di Pohuwato Bakal Kelola Anggaran Berbasis Online

Pemdes Pohuwato

READ.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kabupaten Pohuwato akan mengelola keuangan dengan berbasis online pada tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut, diungkapkan Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, dalam kegiatan coaching klinik dan inventaris aset desa, kepada aparat desa se-Kabupaten Pohuwato, yang berlangsung di aula Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Gorontalo, Jum’at (12/11/2021)

Saipul Mbuinga menyamapikan, pada tahun 2022 mendatang, pertama kalinya di Kabupaten Pohuwato dalam pengelolaan dana desa dilakukan dengan mekanisme berbasis online.

“Kedepan pemdes se-Kabupaten Pohuwato dapat segera menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan informasi sehingga memudahkan dalam pengaplikasian pengelolaan keuangan desa,” tuturnya

Sehingga, Bupati Pohuwato itu menilai, kegiatan ini sangat baik dilakukan karena bertujuan bagaimana aparat desa dapat memahami dan melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengelola keuangan desa.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Muzna Giasi menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari tersebut, dibagi menjadi tiga gelombang, dimana, peserta yang akan mengikuti kegiatan dalam tiga gelombang tersebut, berjumlah 202 orang aparat desa yang masing-masing dua orang dari setiap desa.

Muzna Giasi juga menambahkan, pada kegiatan tersebut, dilakukan launcing aplikasi siskeudes online, dimana aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

“Aplikasi data basenya dalam bentuk SQL yang ditempatkan di server kominfo, data basenya aplikasinya satu dan bisa diakses menggunakan jaringan internet, sehingga kapanpun dan dimana saja dapat menggunakannya, dan di Provinsi Gorontalo penggunaan siskeudes online baru di dua kabupaten yakni bone bolango dan pohuwato,”pungkasnya

(JK/Read)