Pemerintah Sediakan Layanan Fasilitas Kesehatan Selama Mudik Lebaran

layanan kesehatan

READ.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyediakan fasilitas layanan kesehatan di Jalur Mudik. Hal ini dilakukan untuk mengawasi kegiatan mudik lebaran 2023 dapat berjalan dengan keadaan sehat dan aman.

Faskes ini seperti rumah sakit dan puskesmas kita sediakan bukan terkait Covid. Hal ini disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.


banner 468x60

Ia mengatakan layanan kesehatan yang disiapkan bukan untuk penyakit Covid-19. Melainkan penyakit yang sering masyarakat alami seperti pusing, pemeriksaan hipertensi dam memastikan ketersedian tempat tidur untuk pasien Covid-19 tetap disiapkan. Selain itu, pemeriksaan PCR hingga ketersedian obat juga akan disiapkan saat musim mudik tiba.

“Kita disini juga akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan TNI-Polri. Namun layanan kesehatan untuk Covid-19 tetap kita siapkan. Kita siapkan tadi ventilator, kemudian kita siapkan oksigen. Kalau sekarang saya tidak terlalu khawatir ya karena oksigen sudah cukup banyak di berbagai rumah sakit ya,” ungkapnya, Jumat (31/3/23).

Lebih lanjut, Nadia juga tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melengkapi dosis Vaksin Covid-19. Meskipun pandemi Covid-19 terkendali, namun masyarakat akan terus hidup berdampingan dengan virus.

“Walaupun booster kedua tidak dijadikan sebagai kewajiban atau syarat perjalanan mudik 2023. Tapi, pemerintah tetap minta masyarakat untuk segera mendapatkan booster,” jelasnya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90