Pemkab Bone Bolango Uji Coba KTP el Digital dengan QR Code

KTP el Bone Bolango

READ.ID – Kabupaten Bone Bolango menjadi daerah pertama di Provinsi Gorontalo dipercayai terapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik disingkat menjadi KTP-el yang merupakan KTP dalam bentuk digital pada ponsel.

KTP-el merupakan tanda pengenal yang menggunakan QR Code sebagai bentuk teknologi yang semakin banyak digunakan dan lebih praktis.

Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman menyampaikan saat ini, Kemdagri tengah melakukan uji coba menerbitkan KTP elektronik (e-KTP) berbentuk digital dimana tujuan dibuat e-KTP digital atau identitas digital itu yakni untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.

“Bone Bolango menjadi satu-satunya daerah di provinsi Gorontalo yang akan mengunakan KTP-el digital ini,” jelas Oktavianus. Rabu (12/1/2021)

Ia pun melanjutkan alasan Bone Bolango masuk menjadi salah satu daerah yang menerapkan uji coba KTP el digital tersebut, dikarenakan Bone Bolango telah dianggap sudah siap secara sistem.

“Kemarin, Bone Bolango masuk pilot projek siak terpusat 2021, sehingganya dari segi infrastruktur sudah sangat siap,” ujarnya.

Sementara itu, terkait informasi kapan akan dimulai, Oktavianus Rahman mengungkapkan belum ada informasi lanjutan, namun Kabupaten Bone Bolango sudah sangat siap dalam penerapannya.

“Nantinya, masyarakat diberikan dua pilihan dalam pengurusan KTP-el digital, apakah mau mengurus KTP-el digital atau fisik dimana untuk syarat digital harus punya smartphone,” Pungkasnya.

(Lis Purnama/READ.ID)