Pemkab Gorontalo Genjot Penjajakan Kerja Sama Demi Meningkatkan SDM

SDM Pemkab Gorontalo

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus menggenjot penjajakan kerja sama demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah setempat.

Setelah melakukan kunjungan kerja di Jakarta, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo kali ini berkunjung di badan Diklat industri di Makassar pada Kamis (09/6/2021). Nelson didampingi kepala bagian kerja sama Setda Kabupaten Gorontalo, Viktor Asiku.

expo

Bupati Nelson disambut hangat Kepala badan pengembangan SDM kementerian perindustrian, Kepala balai, kepala badan Diklat, para direktur perguruan tinggi di Politeknik Makassar, dan para kepala sekolah SMK di lingkungan perindustrian.

Nelson menjelaskan, kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya dengan kementerian perindustrian dengan dirjen KPAI, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, terutama di bidang industri.

Tujuan pertemuan yang dijelaskan Nelson yakni, Pemkab Gorontalo berharap penjajakan kerja sama ini, semua masyarakat yang tingkat pendidikannya SMP yang akan melanjutkan ke tingkat SMA bisa dikerjasamakan dengan SMK Politeknik di Makassar.

Dimana peluangnya sangat besar untuk tingkat SMA sendiri. Setelah selesai pendidikan, mereka siap bekerja dan sudah ada yang melakukan kontrak kerja.

“Pemerintah daerah untuk senantiasa mengembangkan SDM masyarakat baik ASN maupun masyarakat umum, sehingga tidak ada lagi yang sifatnya menunggu untuk bekerja tapi siap untuk bekerja,” papar mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo itu.

Kata Nelson, biasanya dari sekolah masih melanjutkan ke tingkat kuliah dan setelah itu mencari lowongan kerja. Namun, di Politeknik Makassar ini justru masih kuliah sudah dipersiapkan, dan sudah ada yang melakukan tanda tangan kontrak kerja.

“Nah inilah peluang besar, dengan harapan kerjasama nanti bisa mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Gorontalo,” Ucap Nelson.

Ia menginginkan masyarakat kabupaten Gorontalo untuk bisa berkarya, serta bekerja dalam rangka peningkatkan kesejahteraan ekonomi, apalagi dalam situasi pandemi sepeti ini.

Di tempat yang sama, Kepala bagian kerjasama Setda Kabupaten Gorontalo, Viktor Asiku, menambahkan, penjajakan kerja sama dilakukan secara formal lewat SMK Politeknik. Selain itu untuk meningkatkan SDM, nantinya pemkab Gorontalo akan juga kerja sama di bidang manufaktur.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melihat kebutuhan di daerah, dimana kebutuhan apa yang mendukung industri di Kabupaten Gorontalo, misalnya di sektor lebih banyak pabrikan agro industri.

“Jadi, kita akan coba lakukan perguruan singkat satu tahun dan mereka mendapatkan titel Starta D1. kita bukan memberikan peluang sekolah bagi masyarakat tapi lebih pada yang menjadi kebutuhan daerah,” tandasnya.

(Read/Kominfo)