Pemkab Gorontalo Maksimalkan Realisasi APBD Tahun 2021

APBD Gorontalo 2021

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo akan memaksimalkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diakhir Tahun 2021.

Hendra Hemeto mengatakan, akan dimaksimalkan di akhir tahun 2021. Meski realisasi APBD hingga akhir Juni baru mencapai 27,77 persen atau sekitar Rp539 milyar dari total Rp.1.943 triliun.

“Realisasi APBD akan Kami maksimalkan diakhir tahun 2021 nanti, mengingat semua paket sudah terlelang,” ungkap Hendra usai rapat evaluai penyerapan anggaran tingkat Provinsi. Kamis (15/07/2021).

Hendra menjelaskan terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi percepatan realisasi anggaran, namun kurang sedikit dibawah dari target yaitu 29 persen.

“Kita akan benar – benar maksimalkan ini, agar realisasi APBD bisa tercapai di akhir tahun 2021,” jelas Hendra.

Dilokasi yang sama Erwan Tone Kepala Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Gorontalo menambahkan, faktor yang mempengaruhi pencapaian target tersebut, yakni adanya Dana Pemulihan Ekonomi (PEN) yang baru masuk kas Daerah.

“Beberapa kontrak belum sempat kami eksekusi, karena dananya baru masuk, rencananya bulan ini akan dibayarkan uang muka dan pastinya progres target realisasi akan naik,” tutup Erwan. (Nurhidayanti)