Pemkab Gorontalo-Parimo Kerjasama Sektor Perkebunan

Kerjasama Perkebunan

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo kembali menjalin kerjasama sektor perkebunan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan potensi daerah di kedua wilayah ini.

pahlawan

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan alasan menjajaki kerjasama sektor perkebunan dengan Parimo di berbagai bidang karena dinilai menilai banyak potensi dan manfaat.

“Alasan pertama, Parimo itu masih daratan teluk tomini dengan Gorontalo dan kedua, di parimo ini banyak peluang potensi untuk dikerjasamakan,” ungkapnya Selasa (26/10/2021).

Bupati Nelson menjelaskan, hal pertama yang dinilainya sangat potensial di Kabupaten Parimo ialah bidang perkebunan khususnya kelapa.

Menurutnya di Parimo ada tiga kecamatan yang menjadi lumbung kelapa, namun mereka belum memiliki perusahaan atau Pabrik kelapa.

“Maka peluang ini yang kita tangkap juga mengingat ada tiga perusaahan besar pabrik pengelolaan kelapa di Kabupaten Gorontalo, dan saat ini terjadi, saya yakin hal ini bisa membawa keuntungan bagi kedua daerah ” katanya.

Lanjutnya, bagi Parimo sendiri ini akan menjadi aset yang baik soal suplai kelapa di Kabupaten Gorontalo dan jika dilihat pengiriman kepala akan lebih mudah dan mengutungkan bagi petani di parimo

“Jika, parimo mengirim kelapa ke kita, aksesnya mudah ditempuh dan jaraknya dekat sehingga petani bisa diuntungkan,” tegasnya.

Terakhir Bupati Nelson menyampaikan, hal lain yang dinilai olehnya Parimo memiliki potensi ialah sebagai daerah lumbuk ternak terutama sapi.

“Nantinya, peluang ini pun dimanfaatkan dalam rangka membantu dalam memenuhi permintaan kebutuhan suplay daging sapi yang telah dikerjasamakan dengan DKI Jakarta,” pungkas Bupati Nelson.