Pemkab Gorontalo – UD Mitra Jalin Kerjasama Perluasan Pasar

Industri Kelapa Terpadu IKM Palubala

READ.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan kerjasama dengan Pihak pengelola UD Mitra Jaya Mandiri dalam bentuk MoU, dalam rangka lebih meningkatkan akses pasar untuk Industri Kelapa Terpadu Di IKM Palubala.

Yaman Yunus Pimpinan UD. Mitra jaya mandiri mengatakan, IKM sentra industri kelapa Pulubala adalah milik Pemkab Gorontalo. Tempat ini menjadi tempat belajar,tempat menimba ilmu bagi masyarakat untuk home Industri.

Selain belajar tempat ini menjadi tempat produksi, ada 5.000 liter minyak Kelapa kampung perbulan yang dihasilkan dan itu dijual tidak hanya di daerah Gorontalo tapi juga luar daerah.

“Karena itu kami teken MoU kembali dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka perluasan pasar. Pemkab Gorontalo bisa menghubungkan dengan para Investor agar hasil produksi bisa ada peluang untuk di ekspor ke luar Negeri,” harapnya.

Apalagi kata Yaman Yunus, Pak Bupati Bersama rombongan peserta World Coconut Day sudah melihat langsung proses operasi pembuatan minyak kelapa kampung ditempat ini.

“Dengan kedatangan para pembisnis perkelapan dari berbagai negara kami optimis pemerintah Kabupaten Gorontalo bisa membuka akses pasar tersebut, kedepan pula hasil produksi ini kami optimis tingkatkan menjadi 10-15 ribu liter perbulan,” terang Yaman Yunus.

Yaman Yunus pun mengatakan, tujuan Kerjasama ini selain perluasan pasar tapi juga kita lebih memperhatikan beberapa aspek. Antara lain, peningkatan kesejahteraan petani kelapa dan kesejahteraan tenaga kerja.

“Jika ini dapat diwujudkan maka imbasnya juga bagi daerah yakni peningkatan pendapatan asli daerah(PAD).” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan,dampak dari World Coconut Day adalah untuk mendatangkan para Investor untuk berinvestasi berbagai bidang potensi daerah terutama perkelapan yang ada di sentra industri kelapa Pulubala.

“Mereka bisa produksi VCO dan minyak kelapa Kampung dengan skala 5.000 liter/bulan,kita optimis central Industri kelapa pulubala menjadi sasaran Investor terutama dalam peningkatan dan perluasan pasar dalam arti bisa ada ekspor ke negara-negara di dunia ini,” harap Nelson.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version