Pemkab Pohuwato Swab Antigen Pengunjung Pasar Marisa

Pemkab Pohuwato

READ.ID – Dalam masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melakukan swab antigen kepada pengunjung yang akan berbelanja di pasar tradisional Marisa.

Hal tersebut terbukti, saat Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga didampingi Assisten Pembangunan, Rusmiyati Pakaya, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) dan Komandan Distrik Militer Dandim 1313 Pohuwato untuk melakukan peninjauan penerapan PPKM level 3 di pasar tradisional Marisa, Minggu (15/08/2021)

Diketahui, rombongan Pemkab Pohuwato itu Masuk dari pintu utara atau arah Hulude Bunggu, kemudian menelusuri semua jalur yang ada di pasar tradisional Marisa mulai dari tempat jualan rempah-rempah, beras, ikan, kain serta lainnya yang dikunjungi langsung untuk memastikan masyarakat taat protokol kesehatan (Protkes).

Saipul Mbuinga menjelaskan, peninjauan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama pada rapat Jum’at kemarin bersama pihak terkait. Di mana penerapan PPKM level 3 akan diterapkan di pasar tradisional Marisa.

“Jadi, setelah rapat kemarin sudah disepakati bersama, kami bersama pihak terkait lainnya akan melakukan penerapan PPKM di pasar tradisional Marisa, ” ucap Saipul

Dirinya juga menyampaikan, hampir seluruh pengunjung datang berbelanja, menaati serta menjalankan protkes dengan baik. Namun ada juga sebagian yang tidak mematuhi dan langsung di tangani.

“Alhamdulillah, sebagian besar sudah menggunakan masker atau sekitar 95 persen. Meski masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan masker langsung ditangani pihak kami,” ungkapnya.

Kemudian Saipul mengatakan, pengunjung pasar baik yang mematuhi protkes ataupun tidak, di haruskan untuk melakukan swab di tempat yang sudah di sediakan yakni di pintu masuk pasar.

“Tes swab ini, diperuntukkan untuk seluruh pengunjung yang datang ke pasar Marisa. Baik yang menggunakan masker maupun tidak. Lokasi tesnya kami sediakan tepat di pintu masuk pasar,” bebernya.

Saipul mengaku turut senang dan bangga, karena hasil dari pemeriksaan tes swab yang dilakukan oleh petugas kesehatan terhadap pengunjung pasar tradisional Marisa, semuanya menunjukan hasil negatif.

“Saya merasa senang sekaligus bangga, atas hasil dari tes swab semua pengunjung pasar, abang bentor, petugas pasar dan supir saya yang juga ikut dalam pemeriksaan ini dan hasilnya semua negatif,” ujarnya.

Dari hasil peninjauan tersebut, Saipul meminta kepada masyarakat agar mempertahankan kedisiplinan dengan selalu menerapkan Protkes dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk tetap disiplin dengan terus menerapkan Protkes dalam beraktivitas, terlebih saat keluar rumah,” jelasnya.

Saipul juga berpesan untuk seluruh petugas, agar terus menjadikan hal tersebut sebagai perhatian bersama. Dirinya juga berharap para petugas tersebut agar tidak bosan untuk mensosialisasikan pentingnya penerapan Protkes.

“Kepada seluruh petugas yang terlibat, saya berharap jangan pernah bosan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya penerapan Protkes, terlebih disuasana pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

(JK/Read)