Pemkot Gorontalo Jalin Kerjasama Dengan KLHK Terkait Pengolahan Sampah

Pemkot Gorontalo

READ.ID – Strategi kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dalam hal menangani masalah sampah terus dilakukan. Berbagai upaya pun terus dilaksanakan, untuk menjadikan Kota Gorontalo menjadi daerah yang bersih dan bebas dari tumpukan sampah.

Diantara upaya tersebut, yakni dengan melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Senin (22/8/2022).

banner 468x60

Dalam sambutannya, Wali Kota Marten Taha mengatakan, tujuan dari kunjungan kerja ke KLHK RI sendiri yakni untuk memperkuat kerjasama, khususnya pada pengelolaan sampah.

Dikatakan Wali Kota, kemitraan antara pemkot Gorontalo dengan KLHK RI, sudah berjalan sejak dulu.

Sebelumnya, Marten Taha menyebut, jika terdapat beberapa program kegiatan pembangunan di bidang lingkungan, yang sukses dilaksanakan secara terpadu antara Pemerintah Kota Gorontalo dengan KLHK RI.

“Adapun maksud dari kunjungan ini, tentunya untuk membicarakan dan mencarikan solusi, atas permasalahan lingkungan khususnya persampahan di Kota Gorontalo, yang sampai saat ini belum tuntas”, ungkap Marten Taha.

Terlebih lagi, kata Wali Kota, alasan lain, mengapa fokus penanganan sampah ini dilakukan, karena Kota Gorontalo tidak memiliki wilayah khusus seperti hutan.

“Inilah, kenapa Pemerintah Kota Gorontalo terus memfokuskan diri dalam penanganan sampah”, tegas Wali Kota.

Tidak hanya itu, menurut Wali Kota dua periode ini, pengelolaan sampah pun belum sepenuhnya maksimal. Sebab, setiap tahun volume sampah di Kota Gorontalo mengalami kenaikan.

“Ditambah lagi, fasilitas pendukung seperti sarana dan prasarana, juga tidak bertambah, dikarenakan kondisi anggaran daerah yang belum memungkinkan untuk menambah”, jelas Wali Kota.

Sehingga, untuk mengatasi dan menangani masalah sampah di Kota Gorontalo, dibutuhkan upaya yang tepat, agar tetap bersih.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60