Pemkot Gorontalo Pemenang Kategori IV Implementasi Penilaian Kinerja di Tingkat Nasional

Implementasi Penilaian Kinerja

READ.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, yakni terpilih sebagai pemenang kategori IV implementasi penilaian kinerja.

Penghargaan ini diserahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI kepada Pemerintah oleh Kota Gorontalo oleh Sekretaris Utama BKN RI Sukmariah, dan diterima Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo, Rahman Paerah, Kamis (10/6/2021).

expo

“Iya, hari ini saya menerima penghargaan dari BKN. Penghargaan diberikan kepada kami, karena terpilih sebagai pemenang implementasi penilaian kinerja,” ucap Rahman saat dihubungi via Whatsaap, usai menerima penghargaan.

Dirinya menyampaikan, ada beberapa indikator penilaian yang dilakukan BKN RI untuk memilih pemenang implementasi penilaian kinerja. Diantaranya, kata Rahman, berdasarkan penerapan aplikasi yang digunakan untuk menginput laporan kinerja individu tahunan yang dilakukan oleh Instansi masing-masing, yakni e-Lapkin.

Selanjutnya adalah penerapan e-Kinerja. Sebuah sistem elektronik penilaian kinerja pegawai.

“Nah, kedua aplikasi ini kami integrasikan dengan portal Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau yang
disebut SIMPEG, yang ada di kantor kami (BKPP),” jelas Rahman.

Dari hasil penilaian kinerja yang didapat dari e-Lapkin dan e-Kinerja, selanjutnya menjadi sebuah parameter pihaknya dalam pengembangan karir Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, sambung Rahman lagi.

“Dari penilaian kinerja ini, maka jadikan sebuah dasar dalam pengembangan karir,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, e-Lapkin dan e-Kinerja sendiri, telah lama diterapkan.

Ini dilakukan, kata Rahman, dalam rangka meningkatkan dan mengukur kualitas kinerja seluruh ASN.

“Kami bersyukur, dengan hadirnya aplikasi ini, kinerja teman-teman ASN semakin meningkat,” tandasnya.

(Rls/Read)