Pemkot Gorontalo Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Wali Kota : Mari Bangkit Dari Pandemi Covid-19

Hari Kebangkitan Nasional

READ.ID – Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei yang ke-115 tahun 2023. Upacara ini diikuti oleh pejabat dana pegawai dilingkungan pemerintah Kota Gorontalo.

Dalam sambutannya, Wali Kota Marten Taha menyampaikan, untuk tema yang diusung pada peringatan ke-115 Hari kebangkitan Nasional tahun 2023 ini, yakni “Semangat Untuk Kita”.

Wali Kota menjabarkan, pada 115 tahun lalu para persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan adapternya sebagai gerakan kecuali yang bersifat kedaerahan satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Wali Kota juga menyebut, bahwa didirikannya oleh dokter Sutomo bersama para mahasiswa school opleiding Van Indische artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain dimasa itu.

“Bahkan, Boedi Utomo juga menandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yakni menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yaitu 1 kemerdekaan cita-cita kemanusiaan 2 memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia”, tutur Wali Kota, Senin (22/5/2023).

Selanjutnya, untuk barisan persatuan yang dibentuk oleh Boeldi Utomo ini adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit baik pada masa-masa pra kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan.

Sementara itu, dimasa ini saat kemerdekaan telah raih barisan perjuangan kita harus tetap rapat erat dan terus maju bergerak mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia emas 2045.

Lebih lanjut, Wali Kota juga menegaskan, jika pada tanggal 5 Mei 2023 badan kesehatan dunia WHO, telah mengumumkan bahwa status darurat Kesehatan global untuk covid 19 secara resmi dicabut.

“Olehnya, mari kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19, selama 3 tahun terakhir di tengah kekurangan tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama”, ujar Wali Kota.

Disamping itupula, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemic of 19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

Hal ini, kata Wali Kota, juga menjadi momentum untuk memaknai Hari kebangkitan Nasional ke 115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Terakhir, Wali Kota menyatakan, bahwa di Hari Kebangkitan Nasional ini, juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta akademisi pers komunitas dan seluruh elemen bangsa.

“Tentunya, dengan saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan, dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global baik kesehatan perekonomian hingga geopolitik sekalipun”, pungkasnya. (Rinto/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version