Pemkot Gorontalo Tambah Fasilitas Layanan Vaksinasi

READ.ID – Semakin bertambahnya permintaan masyarakat terhadap vaksinasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, kini telah menambah layanaan fasilitas tempat vaksinasi yang mudah dijangkau warga.

Selain dilaksanakan di tempat fasilitas umum pelaksanaan vaksin pekan ini, akan dibuka di Masjid Agung Baiturahim Kota Gorontalo.

Plt Kadis Kesehatan Kota Gorontalo
Mohammad Kasim menyampaikan terkait rencana tersebut.

Pihaknya, kata dia, telah melakukan komunikasi dengan pihak masjid Agung Baiturahim, melalui bagian Kesra Setda Kota Gorontalo.

“Rencana ini telah mendapatkan persetujuan, dan akan dimulai Jumat pekan ini,” jelas Mohammad Kasim, Rabu (14/7/2021).

Dikatakannya, dibukanya masjid sebagai fasilitas vaksinasi, merupakan permintaan dari Wali Kota Gorontalo sendiri, dengan melihat tingginya permintaan warga untuk divaksin.

Pelaksanaan vaksinasi di Masjid Agung Baiturahim ini pun bakal dilakukan setiap pekan pada hari Jumat.

Sementara itu, untuk dosis yang akan disiapkan sampai 500 orang. Namun pengaturannya tetap akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menurutnya, dengan dipilihnya Masjid Agung sebagai tempat vaksinasi, akan menambah jumlah pelayanan vaksinasi di Kota Gorontalo menjadi 27 titik.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Gorontalo jug telah menyiapkan 26 titik fasilitas pelaksanaan vaksin. Seperti puskesmas, rumah sakit, mal, perkantoran vertikal, TNI/Polri.

“Bersyukur, melalui upaya pendekatan pelayanan vaksin, warga yang telah di vaksin sudah mencapai ribuan orang setiap hari,” bebernya.

Terpisah, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Gorontalo Matris Lukum mengatakan, pelaksanaan vaksin di Masjid Agung akan dimulai pukul 08.00 pagi, kemudian dilanjutkan setelah salat Jumat. Pihaknya, telah membicarakan hal ini dengan takmirul dan telah disetujui.

Ia menambahkan, rencana pembukaan vaksin ini merupakan langkah awal, yang tidak menutup kemungkinan, dapat dilakukan di semua masjid.

Bahkan, di tempat ibadah akan dilakukan hal sama, sambil melihat perkembangan pelaksanaan dilapangan.

Target capaian vaksinasi di Kota Gorontalo, mendapat perhatian serius dari Wali Kota  Marten Taha.

Pada pertemuan dengan forkopimda Kota Gorontalo beberapa waktu lalu, ia meminta Dinas Kesehatan mendorong target vaksinasi hingga mencapai 1.500 warga perhari.

(Rinto/Read)