Pemkot Gorontalo Upayakan RSAS Jadi Rumah Sakit Rujukan Penyakit Jantung

RSAS Gorontalo

READ.ID – Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Kesehatan Kota Gorontalo akan segera melaksanakan pembangunan infrastruktur, dalam rangka melayani empat penyakit utama di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, seperti Jantung, Stroke, Ginjal, Kanker.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Muhammad Kasim, usai mengikuti audensi tentang persiapan RSAS sebagai jejaring untuk pelayanan jantung, Stroke, Kanker dan Uronefrologi, di Kementerian Keseharan, Kamis (8/12/2022), yang diterima oleh Wamenkes RI.

Muhammad Kasim menyampaikan, nantinya pihak RSAS, akan menjadi rumah sakit rujukan untuk empat layanan tersebut, yang dibimbing langsung oleh Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, untuk menyiapkan hal tersebut, pihak Pemkot Gorontalo sendiri akan segera menyiapkan infrastrukturnya, sedangkan untuk peralatan dan SDM nya, akan dibantu oleh Kementerian Kesehatan bersama RS Harapan Kita.

Ia menambahkan, karena sudah dilakukan sendiri oleh RSAS, dengan bantuan RS Harapan Kita, termasuk dokter yang ada di Kota Gorontalo akan disekolahkan, agar bisa melayani sesuai dengan spesialisnya.

“Harapannya, keempat layanan tersebut, akan langsung bisa langsung ditangani oleh RSAS, sehingga masyarakat Gorontalo tidak perlu mendapat rujukan ke Jakarta, misalnya operasi jantung”, ungkap Muhammad Kasim.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60