Pemprov Gorontalo Gelar Ramah Tamah Sambut Gubernur Prefektur Ehime Jepang

Gubernur Prefektur Ehime

READ.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar ramah tamah menyambut Gubernur Prefektur Ehime, Jepang, Tokihiro Nakamura, bersama rombongan di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu (18/1/2023).

Hadir pada kegiatan itu Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, unsur Forkopimda, serta pimpinan organisasi perangkat daerah Provinsi Gorontalo.

Penjagub Hamka dalam sambutannya mengatakan, kerja sama city to city antara Provinsi Gorontalo dan Prefektur Ehime akan fokus pada empat ruang lingkup, yaitu manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan, serta pendidikan dan pelatihan. Hamka menjelaskan, kerja sama tersebut bertujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang bebas karbon yaitu konsep pembangunan dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

“Kerja sama dengan Prefektur Ehime ini akan berlangsung hingga tahun 2026. Semoga akan berjalan lancar serta membawa perubahan terhadap kehidupan masyarakat Gorontalo yang lebih baik dan bebas karbon,” kata Hamka.

Hamka menambahkan sasaran yang akan dicapai melalui kerja sama itu antara lain meningkatnya kemampuan aparatur dalam manajemen lingkungan, pengenalan teknologi pengolahan air limbah, serta peningkatan produktivitas dan produksi pertanian dengan tetap memperhatikan kualitas lingkungan. Selain itu diharapkan pula tersedianya model baru dalam kebijakan netralitas karbon, serta pemanfaatan sampah dan limbah B3, penanganan lahan kritis untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara itu Gubernur Prefektur Ehime, Tokihiro Nakamura, menilai Provinsi Gorontalo memiliki sumber daya alam yang sungguh luar biasa. Menurutnya, jika sumber daya tersebut dikelola dengan menggabungkan teknologi dan manajemen yang baik pasti akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

“Sumber daya primer di Gorontalo ini sudah tersedia, jika digabung dengan teknologi dan dilaksanakan secara terorganisir, pertumbuhannya pasti akan luar biasa. Kami sangat berharap bisa menandatangani perjanjian kerja sama dengan Gorontalo sehingga bisa membuahkan hasil yang baik bagi kita semua,” ujar Takihiro.

Penandatangan kerja sama city to city antara Provinsi Gorontalo dengan Prefektur Ehime diagendakan akan berlangsung pada Kamis, 19 Januari 2023, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. Pada penandatanganan tersebut pihak Prefektur Ehime akan menyerahkan donasi berupa mobil ambulans untuk membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60