Pemprov Gorontalo Komitmen Benahi Layanan Informasi Publik

Informasi Publik Gorontalo
dris Kunte (empat kiri) dan jajaran komisioner KID foto bersama dengan pejabat Diskominfotik Provinsi Gorontalo dan Kadis Kominfo Gorontalo Utara.
banner 468x60

READ.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo berkomitmen untuk membenahi layanan informasi publik. Pembenahan dilakukan dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi dan bimbingan teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi Publik yang berlangsung di Oma Cafe, Pohuwato, Selasa (25/5/2021).

Upaya itu diapresiasi Komisi Informasi Daerah (KID). Ketua KID Provinsi Gorontalo Idris Kunte menyebut, bimtek bagi PPID sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mengelola informasi publik. Hal itu sejalan dengan amanah Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 Tahun 2008.


banner 468x60

“Kami apresiasi, support dan terima kasih kepada Pemprov Gorontalo khususnya Dinas Kominfo yang sudah menginisiasi kegiatan ini dalam rangka peningkatan layanan informasi kepada publik,” kata Idris yang hadir pada kegiatan tersebut.

Pihaknya mengingatkan kepada pemerintah di daerah untuk senantiasa paham, peduli dan menjalankan hak dan kewajibannya terhadap layanan informasi dan dokumentasi publik. Hal itu akan mendorong indeks keterbukaan informasi publik di Gorontalo semakin informatif setiap tahunnya.

“Kegiatan seperti ini sebagai keharusan untuk memastikan di setiap OPD punya SDM yang mumpuni, paham dengan regulasi dan tersedianya data dan informasi. Ini menjadi tugas kami juga untuk mendampingi, mengawasi dan mendampingi badan layanan publik,” imbuhnya.

Selain meningkatkan kualitas SDM PPID, Diskominfotik sedang membenahi ketersediaan informasi dan dokumentasi semua OPD secara digital. Salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi PPID Kemendagri yang terhubung di website ppid.gorontaloprov.go.id. Website itu diharapkan menjadi rujukan publik untuk mencari dan meminta data dan informasi yang dibutuhkan dari pemerintah.

Rakorev dan Bimtek PPID berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dengan evaluasi kinerja PPID, sementara hari kedua pemberian materi dari anggota KID Irwan Karim tentang Mekanisme Pelayanan PPID serta dari wartawan senior Rosyid Azhar tentang teknik penulisan berita.

(Adv/Read/Kominfo)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90