banner 468x60

Penghargaan Adipura Tahun 2023 Adalah Bukti Prestasi Pemerintah Kota Gorontalo di Bidang Lingkungan

READ.ID – Penghargaan Adipura Tahun 2023 dengan kategori kota sedang yang diterima Pemerintah Kota Gorontalo dibawah kepemimpinan Marten Taha dan Ryan Kono, adalah salah satu prestasi yang diukir dibidang lingkungan.

Hal ini terungkap saat Wali Kota Marten Taha menerima penghargaan Adipura tahun 2023 kategori kota sedang yang diserahkan Wakil Menteri LHK, Alue Dohong di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Direktorat Penanganan Sampah, Selasa (5/3/2024).

Saat diwawancarai awak media, Wali Kota Gorontalo dua periode ini mengungkapkan, bahwa penghargaan yang diraih tersebut, merupakan wujud kinerja dari seluruh petugas kebersihan dan dukungan masyarakat.

Prestasi gemilang ini, kata Wali Kota, adalah yang kali kelima di raih Pemerintah Kota Gorontalo, sejak periode pertama dirinya menjabat sebagai Wali Kota Gorontalo. Hingga saat ini sudah periode kedua saya sebagai Wali Kota Gorontalo, yakni tahun 2015, 2016, 2017, 2022 dan 2023.

“Prestasi yang diraih ini, kami persembahkan untuk masyarakat Kota Gorontalo, yang telah mendukung program kegiatan dibidang lingkungan”, ungkap Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo Andres Amir menyebut, jika prestasi ini tidak serta merta di raih Kota Gorontalo.

Ia menjelaskan, ada beberapa proses penilaian yang dilakukan pemerintah pusat di daerah. Mulai dari penilaian indikator pengelolaan sampah, pengelolaan limbah B3, kemudian pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) dan lokus pemantauan perkantoran, sekolah, perumahan atau pemukiman.

Disamping itu juga, penilaian juga dilakukan terkait penanganan kebersihan sungai, terminal, pelabuhan, TPS3R, bank sampah dan kampung iklim.

Menurutnya, pelaksanaan program kegiatan bidang lingkungan yang dilaksanakan, tidak luput dari dukungan Wali Kota Gorontalo, Wakil Wali Kota Gorontalo dan Sekda Kota Gorontalo.

“Olehnya, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dan seluruh masyarakat Kota Gorontalo yang telah ikut serta, sehingga Kota Gorontalo meraih Penghargaan Adipura”, tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60