Penjagub Ismail Resmikan Samsat Pembantu di Wonosari

Penjagub Ismail Resmikan Samsat Pembantu

READ.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya meresmikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pembantu di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Rabu (20/3/2024). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Penjagub Ismail Pakaya bersama Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu dan Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Mariochristhy Panca Sakti Siregar.

“Hadirnya Samsat Pembantu Wonosari ini tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi jumlah kendaraan bermotor di Wonosari menjadi yang terbanyak kedua di Boalemo setelah Tilamuta,” kata Penjagub Ismail.


banner 468x60

Berdasarkan data Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, jumlah kendaraan bermotor di Kecamatan Wonosari, Paguyaman, dan Paguyaman Pantai sebanyak 25.736 unit. Jumlah tersebut mencapai 50 persen dari total kendaraan bermotor di Boalemo yang tercatat sebanyak 51.830 unit pada Desember 2023.

Lebih lanjut Ismail berharap hadirnya Samsat Pembantu ini turut disosialisasikan oleh pemerintah setempat kepada masyarakat luas. Ia berharap kehadiran kantor Samsat Pembantu Wonosari dapat mengoptimalkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Sukril Gobel, menuturkan bahwa dibentuknya Samsat Pembantu Wonosari telah melalui beberapa kajian dan pertimbangan, seperti jarak tempuh masyarakat untuk membayar pajak kenderaan bermotor ke Kecamatan Tilamuta. Diharapkannya dengan pelayanan yang semakin dengan ke masyarakat, jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor akan berkurang.

“Kantor Samsat Pembantu kelima di Provinsi Gorontalo ini diharapkan bisa menekan jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor. Tercatat ada sekitar 1.506 unit kendaraan roda empat dan 25.354 roda dua di Boalemo yang menunggak pajak,” pungkas Sukril.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90