Peringati Hardiknas Tahun 2024, Wali Kota Marten Taha : Gerakan Merdeka Belajar Wajib Dilanjutkan

Pemkot Gorontalo Laksanakan Upacara Hardiknas 2024

READ.ID – Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Sebagai Inspektur upacara, Wali Kota Marten Taha membacakan sambutan Mendikbud Ristek dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Kamis (2/5/2024) di Lapangan 11 Maret, Kelurahan Buladu, Kecamatan Kota Barat.

Dalam sambutan tersebut, Wali Kota Marten Taha menegaskan bahwa Gerakan merdeka belajar yang dicetus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) wajib untuk dilanjutkan.

“Semua yang telah kita jalankan (Gerakan merdeka belajar) harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan (Gerakan merdeka belajar) harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan”, ungkap Wali Kota dalam sambutannya.

Marten Taha menerangkan, jika gerakan merdeka belajar harus terus berlanjut, sebab program tersebut turut menyadarkan seluruh unsur, termasuk lembaga pendidikan di Kota Gorontalo. Terutama dalam menghadapi tantangan dan kesempatan, dalam memajukan pendidikan baik di tingkat nasional dan daerah.

Tidak hanya itu, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar.

“Bahkan, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran”, jelas Wali Kota.

Selanjutnya, Marten Taha mengungkapkan, jika waktu lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar.

“Tetapi, waktu lima tahun juga bukan waktu yang lama, dalam membuat perubahan yang menyeluruh. Apalagi, pendidikan di tanah air ini sudah berjalan menuju arah yang benar”, terang Wali Kota.

Begitu pula, kata Wali Kota, mengenai tugas semua unsur dalam menggerakkan merdeka belajar pun belum selesai.

“Tentunya, masih banyak tugas terkait program Merdeka Belajar yang harus diselesaikan bersama-sama”, pesan Wali Kota.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version