Perpustakaan Bertaraf Nasional Segera Dibangun di Kotamobagu

foto: pixabay

banner 468x60

KOTAMOBAGU, READ.ID – Perpustakaan bertaraf nasional segera dibangun di Kotamobagu.

Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kotamobagu Ham Rumoroi, mengatakan gedungya rencana dibangun Mei tahun ini.

banner 468x60

“Anggarannya sebesar Rp10.250.000.000 Miliar. Ini berasal dari APBN Dana Alokasi Khusus 2022,” ungkap Ham Rumoroi, belum lama ini.

Rumoroi mengatakan, gedung perpustkaan akan dibangun dengan konstruksi tiga lantai berciri khas ornamen Bolaang Mongondow Raya.

“Lantai 1, dimanfaatkan untuk kegiatan layanan perpustakaan dengan fasilitas lengkap serta fasilitas perpustakaan digital. Lantai 2 untuk kegiatan kantor, rapat, seminar dengan daya tampung 150 orang,” terangnya.

“Sedangkan lantai 3 untuk kegiatan fasilitas umum, antara lain kegiatan pentas seni dan budaya, seminar, rapat kegiatan kemasyarakatan, musda dan kegiatan lain dengan daya tampung 400 orang,” tambah Rumoroi.

Selain itu, disiapkan ruang museum peninggalan benda benda bersejarah Bolaang Mongondow Raya. Untuk lokasi pembangunan Gedung Perpustakaan Kota Kotamobagu dipilih lahan Gedung Bobakidan.

“Alasannya Gedung Bobakidan sudah lama tidak digunakan untuk fasilitas umum karena kondisinya yang sudah tidak layak atau rusak berat. Berdasarkan penilaian/kajian Tim Ahli Kajian Teknis Bangunan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado bahwa, Gedung Bobakidan sudah tidak layak digunakan untuk fasilitas umum,” jelasnya.

“Sebaiknya dibongkar dan dibangun dengan gedung yang baru, karena struktur bangunannya sudah cukup tua dan sangat beresiko jika difungsikan sebagai Gedung pertemuan,” ungkapnya.

“Komponen utamanya yaitu kolom kolom tengah penunjang lantainya tidak mampu lagi menerima beban gempa sesuai SNI terbaru termasuk telah terjadi kerusakan yang sangat parah di bagian atas bangunan,” pungkasnya (*)

 

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60