PJ Gubernur Gorontalo Lepas Jemaah Calon Haji Kloter Terakhir

Jemaah Calon Haji Kloter Terakhir

READ.ID – Penjabat (PJ) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin melepas Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Gorontalo yang masuk dalam kloter 14 atau kloter terkahir, di Asrama Haji Gorontalo, Rabu, (22/5/2024). Dalam sambutannya PJ Rudy menitipkan banyak pesan yang mendalam dan penuh semangat untuk para jemaah.

“Kepada bapak ibu saya sampaikan, menunaikan ibadah haji tidak cukup hanya dengan niat, tetapi ibadah haji juga membutuhkan fisik yang kuat. Perjalanan ini panjang, jadi jemaah nanti sampai di Madinah itu kira-kira 24 jam dari tadi pagi. Kalau bisa diusahakan istirahat dan makan yang cukup selama di pesawat,”ujar Rudy.


banner 468x60

Rudy juga berpesan kepada jemaah yang masih muda agar membimbing jemaah yang tua, saling bantu membantu, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kemudian diingatkan juga ID pengenal yang dipakai jemaah untuk dijaga sebaik-baiknya, jangan sampai hilang atau tercecer.

“Saya beberapa kali melihat banyak sekali orang-orang tua yang kadang nyasar. Makannya kita jangan takabbur, jangan kita merasa sudah familiar dengan daerahnya, kita jalan sendiri. Kami sama-sama doakan perjalanan ibadah ibu dan bapak memperoleh ridho Allah STW, jadi haji yang mabrur. Saya titipkan juga tolong doakan pembangunan Provinsi Gorontalo semakin baik,” tuturnya.

JCH Kloter 14 UPG dijadwalkan berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo dengan pesawat Lion Air pukul 15.30 Wita. Selanjutnya jemaah akan bertolak dari Bandara Hasanuddin Makassar pada pukul 22.15 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda No GIA 1114 menuju Madinah, Arab Saudi. Jemaah diperkirakan tiba di Madinah tanggal 23 Mei 2024 pukul 04.10 waktu Arab Saudi.

Adapun jumlah JCH Kloter 14 sebanyak 105 orang. Terdiri dari 104 JCH asal Kabupaten Gorontalo dan satu jemaah asal Bone Bolango. Jemaah laki-laki sebanyak 39 dan perempuan sebanyak 66 jemaah.

Jumlah jemaah dengan usia 65 tahun keatas sebanyak 28 orang. Jemaah tertua di kloter 14 atas nama Harisa P. Usu dengan usia 78 tahun. Sedangkan jemaah termuda adalah Nur Kholis yang berusia 26 tahun.

Turut hadir mendampingi PJ Gubernur, Kabid Haji wilayah Kemenag Provinsi Gorontalo mewakili Kakanwil, Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo, Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian serta Karo PemKesra Provinsi Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90