PJ Sekdaprov : Ada Tiga Aspek Utama yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi

Lulusan Perguruan Tinggi

READ.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki meminta agar profil lulusan perguruan tinggi memiliki tiga kompetensi paling utama, yakni kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Pesan ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Pra Studi Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Pemerintahan Sektor Publik Universitas Bina Mandiri (FPSP-UBM), di Balai Diklat BPSDM Provinsi, Jum’at (11/8/2023).

“Lulusan perguruan tinggi harus punya tiga kompetensi. Utamanya bagi lulusan fakultas ini, yang condong ke pemerintahan. Kami Pemda itu membutuhkan lulusan yang punya tiga kompetensi ini, yang kami sederhanakan jadi PKS (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap),” tegasnya.

Budi berkata kompetensi pengetahuan dan keterampilan dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran di dalam kelas, namun yang paling penting dari ketiganya adalah kompetensi sikap yang biasanya terbentuk dari kebiasaan. Oleh karena itu, ia menginginkan perguruan tinggi menempa peserta didiknya agar dapat menjadi lulusan yang punya attitude dan berkarakter.

“Adik-adik ini kan profil lulusannya menjadi pelayan publik. Sekarang saya lihat orang-orang yang di pelayanan publik kadang kurang attitudenya, misalnya sudah ada orang yang butuh pelayanan, kalau mereka masih main game, pasti jawabannya tunggu dulu. Karenanya, saya minta ke adik-adik jangan jadi pelayan publik yang seperti itu, jadilah pelayan publik yang berkarakter dan berakhlak,” pinta Budi.

Di akhir, Kepala BPSDM Provinsi itu berharap tiga kompetensi utama yang ia tekankan dapat menjadi rancangan yang perlu diperhatikan dan dicapai oleh tiap perguruan tinggi. Ia juga berpesan kepada para mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan agar terus belajar, berinovasi dan berusaha menjadi lulusan terbaik.

Mahasiswa baru yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 36 orang, terdiri atas Prodi Administrasi Pemerintahan Daerah 23 orang, Prodi Akuntansi Sektor Publik 4 orang, dan Prodi Hubungan Internasional 9 orang.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60