PKK Kabupaten Gorontalo terus sosialisasikan IVA Test

PKK Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gorontalo sosialisasikan Iva Test kepada masyarakat.

pahlawan

Wakil Ketua Tim Penggeraak PKK Kabupaten Gorontalo, Siti Fatra Sunge menyampaikan sosialisasi ini sangat penting dilakukan. Pasalnya pemeriksaan Iva test ini dapat mengetahui penyakit sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh seseorang terutama bagi para ibu.

”Iva test ini sangat perlu dilakukan karena ini menyangkut kesehatan reproduksi dari perempuan,” Ungkap Fatra Fatra usai sosialisasi iva test di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Jumat (22/10/2021).

Fatra Sunge menambahkan bahwa kanker leher rahim sering terjadi bagi para ibu yang berusia 20 sampai dengan 30 tahun yang sudah menikah dan secara aktif yang telah melakukan aktivitas seksual.

”Untuk itu Iva Test ini sangat perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat, karena banyak masyarakat yang belum tau termasuk ibu-ibu, mereka belum sadar sepenuhnya tentang pentingnya Iva Test,” Jelasnya

Sosialisasi ini, Kata Fatra Sunge merupakan program dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Bahkan sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

”Penyuluhan ini bukan hanya tanggung jawab dari PKK, tetapi juga dari instansi terkait seperti Dinas Kesehatan melakukan edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat di seluruh daerah sehingga mereka memahami Iva Test tersebut,” pungkasnya.